Hutan Kota, Pontianak Tanami 680 Pohon di Pembuangan Sampah

Hutan Kota, Pontianak Tanami 680 Pohon di Pembuangan Sampah
Pemerintah Kota Pontianak menanami sebagian areal tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Batulayang, Sabtu (12/06/2021) untuk menjadi bagian hutan kota. Foto: courtesy Prokopim Kota Pontianak/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Menambah luasan hutan kota di Kota Pontianak, ratusan bibit pohon mulai ditanam di tempat pembuangan sampah. Area ini berlokasi di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara.

Sebanyam 680 bibit pohon, mulai menghijaukan sebagian kawasan itu. Menambah paru-paru kota dengan mulai menanami sebagian area yang telah dicadangkan.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (12/06/2021), bersama komunitas dan penggiat lingkungan melakukan penanaman itu. Sebanyak 680 bibit pohon merupakan sumbangan dari perusahaan dan berbagai pihak.

Baca juga: PPKM Mikro Lagi di Pontianak, Mulai 14 Juni 2021

Hutan Kota Sekaligus Ekowisata

Edi mengatakan, penanaman pohon sebagai upaya merestorasi ekosistem di TPA Batulayang.

“Saya mengharapkan TPA ini tidak hanya sebagai tempat pembuangan sampah, tetapi juga menjadi destinasi ekowisata,” ujar Edi.

Keberadaan hutan kota di TPA Batulayang, harap Edi, menjadi cerminan wajah Kota Pontianak yang hijau.

“Jadi kalau kita berkunjung ke TPA, tidak lagi tercium bau sampah yang busuk. Yang ada tanaman yang hijau, segar dan berbuah,” ucap Edi.

Baca juga: Pengusaha Warkop Pontianak Minta Tinjau Ulang Penerapan PPKM Mikro