Polesan Mural di Kawasan Pecinan Kota Pontianak

Seorang pelukis sedang menuntaskan mural di sebuah bidang tembok di Gg Gajah Mada 9 di Kota Pontianak, Rabu (03/03/2021). Foto: Dika Febriawan/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Kawasan pusat perkotaan di Kota Pontianak yang dilintasi ruas Jl Gajah Mada, merupakan satu di antara kawasan bisnis dan jasa di Kalimantan Barat. Sebuah sentuhan seni untuk berbenah sedang di lakukan di sebuah gang yang terhubung ke jalan utama itu.

Baca juga: Tak Terasa, Cap Go Meh Telah Berlalu…

Herfin Yulianto, warga Gg Gajah Mada 9, menjadi pelopor pembuatan lukisan mural di tembok-tembok sepanjang gang. Kekhasannya dengan penduduk Tionghoa, maka dia bersama pelukis setempat membuat aneka mural yang menampilkan identitas kampung pecinan.

Baca juga: Sederhana, Perayaan Cap Go Meh di Sanggau

Di antara lukisan mural yang telah dibuat, berupa permainan replika naga, yang kerap memeriahkan perayaan Cap Go Meh di kota itu. Lukisan ini merupakan karya seorang seniman bernama Hidayat.

“Kami ingin menghidupkan kembali kawasan pecinan di Jl Gajah Mada yang memang sudah ada sejak dulu,” tutur Herfin.

Baca juga: Tatung Cap Go Meh Bengkayang Hanya Beratraksi di Halaman

Selain lukisan mural di tembok-tembok, mereka menata gerbang masuk ke gang dengan ornamen dan nuansa khas pecinan, di antaranya dengan pemasangan sejumlah lampion.

Baca juga: Bambu Hoki, Si Hijau di Antara Nuansa Merah

Warga Gg Gajah Mada 9 memiliki impian area itu menjadi destinasi wisata perkotaan. Karena itu, mereka sangat mengharapkan dukungan pemerintah setempat untuk pengaturan tata ruang, agar pengunjung bisa menikmati suasananya dengan leluasa. (DIK)