Kapolres Melawi Pastikan Tindak Tegas PETI

Aparat melakukan pendekatan persuasif terhadap pekerja PETI di sebuah lokasi di Kabupaten Melawi, beberapa waktu lalu. Foto: IST/ruai.tv

MELAWI, RUAI.TV – Maraknya aktivitas penambangan emas tanpa ijin (PETI) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, menjadi perhatian penuh kepolisan setempat.

Kepala Kepolisian Resort Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Senin (08/02/2021) memastikan akan menindak tegas pelaku PETI di daerah itu. Namun sebelum penindakan, terlebih dahulu memberikan imbauan dan sosialisasi kepada para pekerja untuk menghentikan aktivitas itu.

“Masyarakat yang berkecimpung dengan penambangan emas tanpa ijin, jika tidak mengindahkan imbauan, kami akan lakukan penindakan tegas. Sejauh ini sosialisasi sudah dilakukan Polsek-Polsek dengan menggandeng Koramil dan camat,” kata Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto.

Baca juga:
Melawi Lakukan Pembinaan Persuasif untuk Penambang Emas Ilegal
Akhir Februari, Polres Ketapang Tindak PETI

Sebelumnya, aparat gabungan TNI-Polri setempat mendatangi lokasi PETI, setelah beberapa waktu lalu menggelar rapat lintas sektoral dengan unsur pimpinan DPRD dan Pemerintah Kabupaten, dan juga sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Di lapangan, aparat mengumpulkan para pekerja PETI dan melakukan pendekatan persuasif. Mereka memberikan imbauan agar para penambang menghentikan aktivitas itu, karena kerusakan lingkungan sudah semakin parah.

Imbauan itu berisi pemahaman mengenai dampak yang timbul akibat penambangan liar, terhadap kelangsungan lingkungan hidup dan ekosistem. (TIO)