Komcad TNI, Koramil 1204-13/Belitang Hulu Buka Pendaftaran

Koramil 1204-13/Belitang Hulu Melaksanakan Perekrutan Komcad TNI
Penerimaan Calon Komponen Cadangan (Comcad) anggota TNI di Belitang Hulu. Foto: IST/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Komcad TNI atau Komponen Cadangan bagi Tentara Nasional Indonesia, saat ini sedang dalam tahap penerimaan. Pelaksana Harian (Plh) Danramil 1204-13/Belitang Hulu, Serma Hasriono mengatakan, Koramil Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau sedang menjalankan proses rekrut.

Ia mengajak masyarakat wilayah Kecamatan Belitang Hulu berperan serta. Bagi  pendaftar, harus memenuhi sejumlah dengan kriteria. Di antaranya, berusia 18 sampai 35 tahun, berkelakuan baik, sehat jasmani dan rohani. Secara sukarela ingin menjadi Komcad TNI. Proses berlaku melalui seleksi sesuai ketentuan.

Baca juga: TNI Temukan Narkoba di Semak-semak, Saat Patroli di Perbatasan RI-Malaysia

Perekrutan Komcad bertujuan memperkuat pertahanan negara melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Sekaligus memenuhi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara.

“Peserta yang ingin mengikuti seleksi Komcad, mengisi pendaftaran calon secara sukarela dan mengisi surat lamaran kemudian akan diadakan pengecekan administrasi di Makodim 1204/Sanggau,” jelas Serma Hasriono, Rabu (09/06/2021).

Baca juga: 3 Kilometer, Satgas Pamtas Jalan Kaki Evakuasi Pasien dengan Tandu

Selama pelaksanaan seleksi tidak dipungut biaya, sampai calon Komcad lulus untuk mengikuti pendidikan.

Sementara itu, Kepala Desa Batuk Mulau, Martinus Jubi, menjelaskan, saat ini Perwakilan Koramil 13 Belitang Hulu dari Desa Batuk Mulau ada dua orang peserta mengikuti seleksi ini yang langsung di dampingi oleh pemerintah desa.

Ia pun mendukung penuh program Komcad dan mengutus dua orang perwakilan dari Desa untuk mendukung program Sishankamrata. (TS)