Uskup Baru Segera Tiba di Sanggau, Umat Bersiap Menyambut

uskup baru sanggau valentinus
Spanduk penyambutan Uskup Terpilih Valentinus Saeng, CP di Kompleks Keuskupan Sanggau. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Uskup baru Keuskupan Sanggau dijadwalkan akan tiba di Kota Sanggau, Rabu (27/07/2022). Penyambutan terhadap Uskup Terpilih, Mgr Valentinus Saeng, CP, akan berlangsung di Kompleks Keuskupan Sanggau.

Undangan penyambutan dengan tanda tangan Kepala Paroki Katedral Hati Kudus Yesus Keuskupan Sanggau, Pastor Albert Yance, memuat beberapa agenda. Uskup Terpilih akan mereka sambut dengan tari-tarian ketika memasuki Kompleks Keuskupan.

Prosesi penyambutan dengan ritual tradisional khas Dayak, seperti “pancong buloh muda”. Sebagaimana lazimnya penyambutan terhadap tokoh besar di tengah masyarakat.

Advertisement

Kemudian, setelah prosesi penyambutan itu, Uskup Terpilih ini akan memperkenalkan diri kepada umat yang telah menyambutnya.

Baca juga: Uskup Baru Sanggau, Ini Orangnya

Valentinus Saeng, CP, sebagamana jabatannya nanti sebagai Uskup Sanggau, akan menjadi Gembala Utama bagi umat Katolik setempat.

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Sanggau, Pastor Richardus Riadi, mengatakan, wilayah Keuskupan Sanggau meliputi Kabupaten Sanggau hingga Sekadau.

“Nanti kita akan memberi kesempatan kepada Mgr Valentinus Saeng CP untuk memperkenalkan diri. Sebab banyak umat yang juga belum menegnal beliau. Kita harapkan umat mengenal beliau pelan-pelan, karena beliau akan menjadi Gembala Utama di sini,” kata Pastor Richardus Riadi.

Belum ada keterangan, kapan Uskup Terpilih ini akan menjalani prosesi pentahbisannya sebagai Uskup Sanggau secara definitif.

Baca juga: Uskup Sanggau yang Baru Kuasai 5 Bahasa Asing

Uskup Baru

Dalam Gereja Katolik Roma, seorang uskup ditunjuk oleh Sri Paus dari Tahta Suci Vatican. Paus merupakan pemimpin umat Katolik Roma sedunia.

Penunjukan oleh Paus Fransiskus kepada Valentinus Saeng CP sebagai Uskup Sanggau, terjadi pada Sabtu, 18 Juni 2022. Waktu itu, Uskup Sanggau Guilio Mencuccini CP, membacakan surat dari Tahta Suci Vatican, mengenai siapa nama penggantinya.

“Bapa Suci Fransiskus telah mengangkat Romo Valentinus Saeng, pasionis, seorang putra Kalimantan yang lahir dari daerah ini, sebagai Uskup Sanggau yang baru, dan penerus Anda. Berita ini dipublikasikan persisnya pada momen ini di Roma jam 12 dan di Sanggau jam 5 sore,” ucap Mencuccini membacakan surat dari Sri Paus.

Dengan adanya pengganti ini, maka Mencuccini CP segera menjadi Uskup Emeritus. Siapa uskup baru Sanggau ini? Siapa Valentinus Saeng?

Baca juga: Pertamakali, Uskup Ketapang Kunjungi Dusun Terpencil Ini

Mgr Mencuccini juga membacakan biodata uskup terpilih Keuskupan Sanggau Valentinus Saeng. Di antaranya mengenai penguasaan Valentinus dalam bahasa asing.

“Valentinus Saeng menguasai lima bahasa asing, yakni Inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan Latin,” ucap Mgr Mencuccini.

uskup baru sanggau
Pastor Valentinus Saeng CP saat berjumpa Paus Fransiskus di Vatican. Foto: IST

Biodata Uskup Terpilih Sanggau

Valentinus Saeng (52) adalah seorang pastor Katolik Roma dari Kongregasi Pasionis (CP). Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969.

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial.

Baca juga: 3 Fakultas di Universitas Katolik Pertama di Kalbar, Apa Saja?

Juga aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Serta menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

Dari aktivitas menulis, Pastor Valen telah menerbitkan sejumlah buku. Beberapa judul bukunya: “Herbert Marcuse: Perang Melawan Kapitalisme Global, terbit pada 2012).

Buku lainnya, “Mereguk Air Hidup: Beriman dalam Era New Age” terbit pada 2009; “Menyibak Selubung Ideologi Kapitalis dalam Imperium Iklan”, terbit pada 2011. Serta, “Minum dari Sumber Sendiri: Dari Alam menuju Tuhan” terbit pada 2011. (RED)

Advertisement