Uskup Baru Sanggau, Ini Orangnya

uskup baru sanggau
Pastor Valentinus Saeng CP saat berjumpa Paus Fransiskus di Vatican. Foto: IST

SANGGAU, RUAI.TV – Kabar mengenai siapa gerangan Uskup Keuskupan Sanggau yang baru membuat sebagian kalangan umat Katolik penasaran. Uskup baru ini akan menggantikan uskup sebelumnya, Mgr Guilio Mencuccini CP.

Keuskupan Sanggau menggelar doa dan adorasi di Katedral Sanggau, Sabtu (18/06/2022) sore. Selanjutnya, Uskup Mencuccini CP mengumumkan nama uskup baru, sebagaimana penunjukan oleh Tahta Suci Vatican.

Baca juga: Umat Katolik Sanggau Menanti Uskup Baru

Rasa penasaran umat terjawab sudah. Mgr Mencuccini CP membacakan langsung nama penggantinya.
Paus Fransiskus menunjuk Pastor Valentinus Saeng CP sebagai Uskup Keuskupan Sanggau. Dengan adanya pengganti ini, maka Mencuccini CP segera menjadi Uskup Emeritus.

“Bapa Suci Fransiskus telah mengangkat Romo Valentinus Saeng, pasionis, seorang putra Kalimantan yang lahir dari daerah ini, sebagai Uskup Sanggau yang baru, dan penerus Anda. Berita ini dipublikasikan persisnya pada momen ini di Roma jam 12 dan di Sanggau jam 5 sore,” ucap Mencuccini membacakan surat dari Sri Paus.

Seorang uskup ditunjuk langsung oleh Sri Paus sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik Roma sedunia. Siapa uskup baru Sanggau ini? Siapa Valentinus Saeng?

Baca juga: Uskup Sanggau Resmikan Gereja yang ke-992

siapa uskup baru sanggau
Uskup Mencuccini saat memimpin adorasi. Foto: DOK/ruai.tv

Uskup Baru

Valentinus Saeng (52) adalah seorang pastor Katolik Roma dari Kongregasi Pasionis (CP). Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969.

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian Universität, München, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Baca juga: Gereja Katolik Mukok Diresmikan, Ini Pesan Uskup Mencuccini

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial.

Juga aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Serta menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

Baca juga: Uskup Mencuccini Tahbiskan Dua Pastor Baru di Sanggau

Dari aktivitas menulis, Pastor Valen telah menerbitkan sejumlah buku. Beberapa judul bukunya: “Herbert Marcuse: Perang Melawan Kapitalisme Global, terbit pada 2012).

Buku lainnya, “Mereguk Air Hidup: Beriman dalam Era New Age” terbit pada 2009; “Menyibak Selubung Ideologi Kapitalis dalam Imperium Iklan”, terbit pada 2011. Serta, “Minum dari Sumber Sendiri: Dari Alam menuju Tuhan” terbit pada 2011. (SVE)