Tanaman Endemik, Budidaya 600 Lebih Bibit Mulai di Teraju

Budidaya 600 Lebih Bibit Tanaman Endemik Kalbar di Teraju
Bibit pohon ulin (belian) di Kebun Pembibitan Tanaman Endemik di Kalimantan Barat, di Desa Teraju,1 Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau. Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Sebuah kebun pembibitan tanaman endemik Kalimantan Barat (Kalbar) mulai proses  budidaya sebanyak 600 lebih bibit. Warga di Desa Teraju, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, melakukan pembibitan itu dengan sokongan sebuah perusahaan.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meresmikan Kebun Pembibitan Tanaman Endemik Kalimantan Barat, Rabu (09/06/2021). Perwakilan Perusahaan Aneka Tambang (Antam) memberi dukungan atas kegiatan masyarakat ini.

Baca juga: 30 Ribu Hewan di Sanggau Bakal Suntik Rabies

Dari belasan jenis tanaman, di antaranya ulin atau belian, langsat lokal, tengkawang, tampui, pekawai, gaharu, jengkol. Bibit-bibit ini mulai tampah tumbuh di media tanam dengan polybag.

Kegiatan ini sekaligus untuk memaknai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Masyarakat desa berpartisipasi merawat kebun itu. Sekaligus menambah jumlah tanaman, termasuk yang saat ini belum ada di sana.

Perusahaan yang memberi dukungan, dalam bentuk bimbingan bagi warga desa dalam mengelola kebun bibit. Juga akan ikut membeli bibit-bibit ini kelak. Jika saatnya siap untuk menanamnya, menghijaukan kawasan kritis di sekitar lokasi konsesi.

Baca juga: Rp 45 Miliar, Ongkos Pilkada Sanggau 2024