Belajar Lingkungan Sambil Bermain, Bayar Pengobatan Dengan Bibit

Aktivis sedang menjelaskan pentingnya manfaat lingkungan bagi manusia. Foto: IST/ruai.tv

KETAPANG, RUAI.TV – Sejumlah siswa SD dan SMP di Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, menerima pendidikan tentang lingkungan yang dilakukan sambil bermain. Yayasan Palung bersama Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) menggelar kegiatan itu di Dusun Pangkalan Jihing dan Bayangan, Selasa hingga Kamis (09-11/02/2021) lalu.

Tim Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung memberikan wawasan tentang lingkungan di sekolah yang ada di dua dusun itu. Sementara Yayasan ASRI memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Manager Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung, Dwi Yandhi Febriyanti, mengajak pada siswa mengenal manfaat dan fungsi hutan bagi kehidupan. Misalnya pohon, selain diperlukan untuk membuat perabot, juga penting sebagai bagian dari ekosistem hutan.

“Manusia pun sangat tergantung pada manfaat pohon dan hutan, termasuk memperoleh oksigen secara gratis disediakan oleh hutan,” katanya.

Tak hanya di dalam kelas, kegiatan dilanjutkan di lapangan. Para siswa diajak melakukan identifikasi tumbuhan dan hewan. Dan malam harinya, digelar pemutaran film tentang lingkungan hidup.

Sementara aktivis Yayasan ASRI menggelar pengobatan untuk masyarakat dengan sistem pembayaran unik. Masyarakat tidak membayar jasa pengobatan dengan uang, tetapi dengan bibit pohon atau hasil kerajinan hasil hutan bukan kayu (HHBK) seperti bakul dan perabot lainnya. (*/SVE)