Penjinak Bom Kalbar Periksa Serpihan Roket Jatuh

roket China jatuh di
Benda asing yang dugannya serpihan roket China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bernama Long March-5by3 di Dusun Pengadang. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Roket yang dugaannya milik pemerintah China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menjatuhkan sisa serpihan ke bumi. Di antara serpihan itu ternyata jatuh di kawasan Kabupaten Sanggau.

Letak jatuhnya benda asing yang kuat dugaan berupa serpihan roket China ini, terjadi di Dusun Pengadang, Desa Pengadang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Baca juga: Serpihan Diduga Sisa Roket Tiongkok Jatuh di Dusun Pengadang

Advertisement

Warga dusun menemukan serpihan ini di sebuah kawasan kebun kelapa sawit pada Minggu (31/07/2022).

Setelah menerima laporan warga yang menemukannya, otoritas setempat melakukan pengamanan lokasi. Polisi memasang police line mengelilingi ongokan benda asing ini.

Baca juga: Harga Sawit Terbaru di Kalbar Periode Kedua Juli 2022

Wakapolres Sanggau, Kompol Novrial Alberti Kombo, memaparkan, Selasa (02/08/2022), mengatakan, Tim Penjinak Bom, Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Kalbar, melakukan pengecekan terhadap serpihan ini.

Tim Penjinak Bom melakukan pengecekan serpihan itu, menggunakan alat sertech dan riideye. Tujuannya untuk mengetahui apakah serpihan itu mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak.

Baca juga: Terbunuh Misterius, Bendahara KONI KKU di Bogor

Kompol Novrial Alberti Kombo, menjelaskan, dari pengecekan tersebut serpihan tersebut ternyata bukan barang berbahaya. Tidak ada unsur senyawa kimia berbahaya yang tim temukan pada logam tersebut.

“Serpihan itu tidak mengandung unsur senyawa berbahaya atau radiasi yang dapat menggangu manusia,” kata Kompol Novrial Alberti Kombo.

Wakapolres menyebut, saat ini serpihan itu mereka simpan untuk penyelidikan dan pemeriksaan yang lebih mendetaik. (RED)

Advertisement