Dayak Hibun Selenggarakan Ritual Mpokang Pedagi Abai Buo

Komunitas Dayak Hibun bersama peraga adat dalam ritual Mpokang Pedagi Abai Buo. Foto: IST/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Komunitas Dayak Hibun di Kampung Rambai, melaksanakan ritual adat Mpokang Pedagi Abai Buo, Sabtu (01/05/2021). Ritual ini dipusatkan di Kampung Rambai, Dusun Kedian, Desa Kedakas, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau.

Baca juga: Jelang Musim Buah di Kalimantan, Begini Ritual Adatnya

Lokasi yang menjadi tempat digelarnya ritual adat ini, merupakan cagar budaya Pedagi Abai Buo. Tujuan acara sebagai ucapan syukur kepada Penompo (Tuhan) atas hasil panen padi setahun periode perladangan tradisional.

Selain ucapan syukur, kegiatan ini juga untuk memohon perlindungan kepada Penompo agar warga setempat dilindungi dari marabahaya, serta diberikan kelimpahan rejeki di tahun yang akan datang.

Baca juga: Adat Ngudas Dayak Mayao, Ritual Pengusir Roh Jahat

Temenggung Hayo sub Dayak Hibun, Beatus Pius Onomuo Et, mengapresiasi terselenggaranya ritual adat ini setiap tahun. Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut, untuk diwariskan kepada generasi muda.

“Generasi muda harus mau mempelajari adat-istiadat dan budaya, agar selalu bisa mempertahankan identitas sebagai masyarakat adat yang berbudaya dan bermartabat,” ujar Beatus Pius Onomuo Et.

Baca juga: Komunitas Dayak Sebalos Tanam Pohon di Hutan Adat

Sejumlah peraga adat disediakan sebagai bentuk persembahan kepada Penompo. Bentuknya berupa ayam kampung panggang, ketan masak dalam bambu, tepung, air tuak, beras, dan kapur sirih.

Peraga adat ini didoakan oleh orang yang dituakan. Setelah didoakan selanjutnya diberikan kepada Penompo, dan sebagian untuk dinikmati bersama warga yang hadir. (TS)