Sekolah Tatap Muka, Pontianak Nantikan Keputusan Pemerintah Pusat

Siswa SMPN 1 Kota Pontianak mengikuti pembelajaran tatap muka hari pertama, Senin (22/02/2021). Foto: DOK/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Hingga saat ini, pembelajaran tatap muka di Kota Pontianak, masih dalam pemberhentian sementara, karena angka konfirmasi positif COVID-19 masih meningkat. Meski begitu, Pemerintah Kota Pontianak menyatakan kesiapan, jika pemberhentian semenara itu dicabut.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (22/05/2021), mengatakan, secara umum untuk menerapkan pembelajaran tatap muka di Kota Pontianak, tidak menjadi persoalan. Karena sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di sekolah percontohan di enam kecamatan dalam wilayah kota.

Baca juga: 

Pontianak Hentikan Sementara Sekolah Tatap Muka SD-SMP

“Jika memang diizinkan, kami telah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka,” kata Edi.

Hingga kini, pemerintah kota belum menerima pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat, mengenai kebijakan pembelajaran tatap muka secara terbatas menjelang tahun ajaran baru 2021.

Baca juga: 

Pontianak Siarkan Belajar Tatap Muka, Siswa Bisa Ikuti dari Rumah

Namun, jika pembelajaran tatap muka sudah diperkenankan, tetap mempertimbangkan izin dari orang tua siswa. Seperti halnya ketika simulasi dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Ruang belajar juga tidak terisi penuh, melainkan separuh dari kapasitas kelas sehingga berjarak. Demikian pula waktu belajar dan jam istirahat diatur sedemikian rupa,” ujar Edi.