Pejabat Ini Masih di Ruang Kerja, Saat Kantornya Terbakar

kebakaran kantor Balitbang
Herkulana Mekarryani, Kepala Balitbang Kalbar (tengah) setelah kebakaran menghanguskan kantornya, Selasa (20/09/2022) sore. Foto: Ray/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Saat kebakaran melanda Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalbar, Jl Dr Sutomo, Kota Pontianak, Selasa (20/09/2022) sore, pejabat di kantor tersebut masih berada di ruang kerja.

Herkulana Mekarryani, Kepala Balitbang, sedang menyelesaikan dokumen untuk dua kegiatan yang hendak mereka gelar Rabu dan Kamis. Dia baru menyadari kantornya terbakar setelah stafnya memberitahu.

Baca juga: Kebakaran Merembet ke SPBU Kota Baru Pontianak

Advertisement

Kebakaran besar melahap bangunan kantor berkonstruksi kayu tersebut. Kobaran api sempat merembet ke SBPU Kota Baru, namun berhasi dijinakkan pemadam.

Herkulana tampak masih agak shock, ketika wartawan menjumpainya di lokasi kebakaran. Dia menyebut, kobaran api sudah begitu besar, ketika dia keluar dari ruang kerjanya.

Baca juga: Kantor Balitbang Kalbar Terbakar, Dekat SPBU Kota Baru

“Pada saat kami keluar itu api di lobi sudah besar, api di atas sudah besar, hanya keajaibanlah kami bisa keluar dari ruangan,” ujar Herkulana.

Dia mengatakan, api berasal dari bagian belakang bangunan dan dari bagian atas, yakni ruang analis keuangan. Namun, untuk lebih memastikan, mereka akan memeriksa rekaman kamera pengintai atau CCTV.

Baca juga: 2 Pencuri Motor di Sanggau Ditangkap di Pontianak

“Karena suasana panas dan kering dan kondisi bangunan tua dengan struktur kayu, membuat api dengan cepat merambat. Tidak sampai setengah jam sudah terbakar habis,” kata Herkulana.

Di ruang kerjanya, berbagai dokumen pribadi, sejumlah SK, hingga piagam penghargaan yang pernah dia terima, ludes terbakar. Reflek, Herkulana masih sempat meraih laptopnya saat keluar dari ruangan, sehingga hanya charger-nya yang tertinggal.

Baca juga: Harga Sawit Terbaru Periode Pertama September 2022

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Harisson, pun segera meninjau lokasi kebakaran saat itu. Begitu juga dengan pejabat lain, seperti pimpinan Satpol PP dan Kepala BPBD. (RAY)

Advertisement