20 Konfirmasi Baru COVID-19 di Ketapang, Klaster Karyawan Perusahaan

Ilustrasi: unsplash.com

PONTIANAK, RUAI.TV – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, Minggu (11/04/2021) merilis adanya klaster baru kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Ketapang.

“Klaster karyawan beberapa perusahaan yang berlokasi di Manismata, Air Upas dan Marau,” kata Harisson.

Baca juga: Pembangunan PLBN Jagoi Babang Libatkan Pekerja Lokal

Dia menduga, munculnya klaster ini disebabkan karyawan yang keluar masuk ke Kabupeten melalui Kalimantan Tengah. Baik melalui jalan darat maupun jalur udara lewat Bandara Pangkalanbun.

Kabupaten Ketapang di Provinsi Kalimantan Barat, memiliki perbatasan darat dengan Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Razia di Lapas Sintang, Ini yang Ditemukan Petugas

“Untuk itu Satgas Penanganan Covid Kabupaten Ketapang harus memperketat pintu masuk darat dan udara dari Kalimantan Tengah. Sebaiknya perusahaan perusahaan menyiapkan Lab PCR untuk kesehatan dan keselamatan karyawan serta masyarakat di sekitar perusahaan tersebut,” kata Harisson.

Nama perusahaan yang dimaksud, tidak disebutkah oleh Harisson.

Baca juga: Dua Menteri Kunjungi Sambas, Ini Acaranya

Penjelasan itu menyusul perilisan data per 11 April 2021, dengan total sampel yang diperiksa sebanyak 329 orang. Dari sample itu hasil pemeriksaan menyebutkan ada 52 kasus baru konfirmasi positif COVID-19, sembilan di antaranya dirawat di rumah sakit.

Konfirmasi baru ini mencatat jumlah terbesar di Kabupaten Ketapang dengan 20 kasus. Selengkapnya tersebar di daerah sebagai berikut:

Baca juga: Program Padat Karya di Pontianak untuk Bantu Pemulihan Ekonomi

Kota Pontianak 5 orang, Kapuas Hulu 4 orang, Kayong Utara 1 orang, Ketapang 20 orang, Kubu Raya 3 orang, Mempawah 5 orang, Sambas 1 orang, Sekadau 2 orang, Sanggau 2 orang, Kota Singkawang 5 orang, Bengkayang 3 orang, dan dari luar wilayah Kalimantan Barat 1 orang.

Untuk konfirmasi sembuh dalam periode ini dilaporkan sebanyak 43 orang, tersebar di: Kota Pontianak 10 orang, Kubu Raya 4 orang, Sintang 15 orang, Kapuas Hulu 3 orang, Mempawah 3 orang, Ketapang 5 orang, Kota Singkawang 1 orang, Sanggau 1 orang, dan Sambas 1 orang.

Baca juga: Lapak Pasar Rakyat Kian Sepi, Pedagang Berjualan di Trotoar

Hingga 11 April 2021, jumlah keseluruhan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Barat tercatat 6.413 orang. Dari jumlah itu, kasus sembuh 5.790 orang atau 90,28 persen, dan meninggal 34 orang atau 0,53 persen. (SVE)