Dua Menteri Kunjungi Sambas, Ini Acaranya

Dua Menteri Kabinet Indonesia Bersatu kunjungi Sambas. Foto: DOK/ruai.tv

SAMBAS, RUAI.TV – Dua Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jumat (09/04/2021).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menkopolhukam dan Mendagri menghadiri kegiatan yang dinamai Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2021. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Kalbar, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Pejabat Utama Polda Kalbar dan forum koordinasi pimpinan daerah.

Baca juga: Menteri Tito dan Mahfud Dijadwalkan Hadir di PLBN Aruk

Program Gerbangdutas merupakan satu di antara langkah pemerintah, meningkatkan pembangunan ekonomi daerah perbatasan di masa pandemi covid-19 ini.

Menkopolhukam, Mahfud MD menjelaskan, pelaksanaan program pembangunan di seluruh kawasan perbatasan Indonesia yang akan dimulai melalui program Gerbangdutas. Maka seluruh wilayah wajib dipelihara, namun pemeliharaan ideologi juga sangat perlu untuk mengantisipasi paham radikal.

Baca juga: Program Padat Karya di Pontianak untuk Bantu Pemulihan Ekonomi

“Program Gerbangdutas ini untuk mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana di daerah perbatasan secara terpadu dan menjaga perbatasan selalu utuh,” ujar Menkopolhukam.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan, situasi Kalbar relatif terkendali dan aman. Karena itu semua pihak harus bersama-sama dan bahu-membahu menjaga Kalbar dari terjadinya konflik.

Baca juga: Lapak Pasar Rakyat Kian Sepi, Pedagang Berjualan di Trotoar

Mantan Kapolri ini juga mengapresiasi penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. R. Sigid Tri Hardjanto mengatakan, pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, semua rangkaian kegiatan dapat terlaksana.

Baca juga: Diduga Kerap Wadahi Prostitusi Anak, Pemkot Pontianak Segel Hotel Ini

Selain mengadakan pertemuan dengan FORKOPIMDA dan tokoh masyarakat Kalbar, rombongan juga menghadiri acara di PLBN Aruk Kabupaten Sambas. (*/RAY)