Program Padat Karya di Pontianak untuk Bantu Pemulihan Ekonomi

Peluncuran program padat karya atau Cash For Work (CFW) di Aula Kantor Camat Pontianak Tenggara. Foto: courtesy Humas Pemkot Pontianak

PONTIANAK, RUAI.TV – Pandemi akibat COVID-19 telah memberi dampak ekonomi, di antaranya pemutusan hubungan kerja, menurunnya pendapatan, hingga rendahnya daya beli masyarakat.

Merespon masalah ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) meluncurkan program padat karya atau Cash For Work (CFW).

Program CFW ini ditujukan untuk membiayai para tenaga kerja yang diikutkan dalam pekerjaan perbaikan ringan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang mengalami penurunan kualitas.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (10/04/2021), membuka program CFW di Aula Kantor Camat Pontianak Tenggara. Dia berharap, program ini bisa mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian perekonomian di masa pandemi yang belum juga berakhir.

“Program ini juga bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi, memberikan efek positif terhadap masyarakat dalam hal membangkitkan motivasi kerja serta menambah infrastruktur berskala kecil,” kata Edi.

Ia mengingatkan agar Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) penerima program KOTAKU ini untuk mengelola dana kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat dapat menikmati manfaat dari program yang diluncurkan.

“Selain bermanfaat untuk pemeliharaan infrastruktur, juga memberikan kontribusi yang nyata membantu perekonomian masyarakat,” ujar Edi. (*/SVE)