GAMKI Melawi Dilantik, Jeffray Edward: Jangan Jadi Batu Sandungan [ADV]

GAMKI Melawi
Pengurus DPC GAMKI Melawi saat prosesi pelantikan.

MELAWI, RUAI.TV – Sebanyak 46 pengurus DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Melawi, menjalani pelantikan pada Senin (16/05/2022). Pada periode 2022-2025 ini, Sandi Lay sebagai ketua, kemudian Maradona menjadi sekretaris, dan Meiman T sebagai bendaraha.

Ketua DPD GAMKI Provinsi Kalimantan Barat, Jeffray Edward, mempimpin pelantikan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi ini. Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Silvani Umran, hadir mewakili Bupati Melawi.

Ada 11 departemen yang berada di dalam naungan GAMKI. Mereka segera menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab), begitu seremoni pelantikan selesai.

Baca juga: Pontianak Layak Huni? Survey Sedang Berlangsung

“Saya sangat berharap agar DPC GAMKI Melawi mampu memfasilitasi terciptanya lapangan kerja bagi pemuda dan masyarakat. Ini penting untuk saya tekankan, karena lahirnya GAMKI itu sendiri diilhami dari rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda,” kata Silvani Umran.

Dia menegaskan, GAMKI memberi peran menciptakan simpul-simpul pemuda, agar tetap eksis dengan nalar dan jiwa kritisnya. Selain itu, harus mampu meletakkan kritik-kritik tersebut dalam koridor etika kepemudaan dan dalam bingkai keimanan.

Kemudian, Jeffray Edward, mengingatkan, pengurus GAMKI Melawi harus memberikan peran yang baik bagi pembangunan. Baik secara fisik, mental spiritual, maupun sumber daya manusia.

Baca juga: Kisah Miris Pandai Besi Sekadau Saat Harga Sawit Turun

“Kehadiran GAMKI bisa memberikan dukungan kepada pemda. Bukan sebagai batu sandungan atau masalah bagi pemerintah. Tetapi justru mendukung apa yang menjadi program pemerintah,” tegas Jeffray Edward.

GAMKI Melawi
Rakercab DPC GAMKI Melawi.

Program GAMKI

Tugas awal, harus mampu membuat pengurus mengenal organisasi ini sendiri. Sebab, banyak yang justru belum mengenap apa itu GAMKI. Pekerjaan rumah yang saat ini mendesak, berupa pembentukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) di setiap kecamatan.

”Program tidak perlu muluk-muluk. Tapi bagaimana kita melaksanakan program yang telah tersusun,” ujar Jeffray Edward.

Baca juga: Jeffray Edward Terpilih Aklamasi Ketua DPD GAMKI Kalbar

Sandi Lay, yang menerima amanah menjadi Ketua DPC GAMKI Melawi, mengingatkan, dia memerlukan dukungan dan pembinaan dari pengurus provinsi. Juga tentunya seluruh jajaran pengurus, sebab ketua tak mungkin bekerja seorang diri.

”Dukungan saya harapkan juga dari pemerintah daerah. Agar kami bisa melaksanakan tugas memberikan peran kami sesuai dengan program kerja kami,“ kata Sandi.

Dia berjanji, konsolidasi ke PAC-PAC akan menjadi langkah pertama yang dia lakukan. Saat ini, sejumlah PAC telah terbentuk, namun belum pada tahap pelantikan.

Baca juga: 52 Sanggar Seni, Disdik Melawi Lakukan Monitoring

Sandi memaparkan, telah pula merencakan sejumlah agenda, seperti seminar pendidikan, kebudayaan, dan kegiatan pengkaderan. Tak kalah penting, segera akan beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten Melawi.

“Saya berpesan kepada segenap pengurus, kita harus saling menjaga dan tetap bekerjasama. GAMKI tidak mungkin berjalan sendirian. Majunya GAMKI berkat kerjasama, bahu membahu kita bersama,” kata Sandi.

Ketua pelaksana pelantikan, Maya Putri, menyebut, setiap departemen membahas program kerja tahunan. Pembahasan ini mereka bawa dalam Rakercab untuk penyetujuan bersama. (RED/ADV)