Uskup Pius Tahbiskan Pastor Baru Asal Balai Semandang

Bagian dari rangkaian prosesi Tahbisan Imamat Pastor Blasius Suhanedi Kusmantoro di Katedral Santa Gemma Galgani Keuskupan Ketapang. Foto: courtesy Komsos Keuskupan Ketapang/ruai.tv

KETAPANG, RUAI.TV – Umat Katolik di Keuskupan Ketapang mendapat pastor baru. Blasius Suhanedi Kusmantoro (27) menerima Tahbisan Imamat dari Uskup Keuskupan Ketapang, Mgr Pius Riana Prabdi, Sabtu (28/08/2021) di Katedral Santa Gemma Galgani.

Uskup Pius langsung menugaskan dia di Paroki Santo Martinus, Balai Berkuak di Kecamatan Simpang Hulu. Komsos Keuskupan Ketapang menyiarkan tahbisan ini melalui channel YouTube.

“Setelah kosong dua tahun tanpa tahbisan, tahun ini ada satu imam ditahbiskan untuk Keuskukan Ketapang. Saya ucapkan terima kasih kepada kedua orangtuanya yang berkenan mempersembahkan putra pertamanya untuk menjadi pastor,” kata Uskup Pius.

Baca juga: Uskup Agung Pontianak Tahbiskan Tiga Diakon

Blasius Suhanedi Kusmantoro–dengan nama kecil Nedi–kelahiran Desa Balai Semandang, Kecamatan Simpang Hulu. Dia merupakan putra pertama dari Emanuel Surya Wijaya dan Hernita Erniwati.

Dalam Gereja Katolik, perlu waktu panjang untuk seseorang menjadi pastor. Setelah tamat SMA, Nedi masuk Seminari Menengah Santo Laurensius Ketapang pada 2011, kemudian melanjutkan Tahun Orientasi Rohani di Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Bruder MTB Rayakan Hidup Membiara di Katedral Pontianak

Setelah menamatkan studi filsafat di Malang, Nedi menjalani Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Paroki Santo Carolus Borromeus di Tembelina, Keuskupan Ketapang hingga 2018. Dan kemudian menjutkan pendidikan pascasarjana di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Pastor Bonus di Pontianak hingga 2020.

Tamat dari situ, Nedi menjalani tahun pastoral di Paroki Santo Stefanus di Kendawangan. Dan pada 14 Februari 2021, menerima Tahbisan Diakonat.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2