Arsip

Nasdem dan Calegnya Rudy Andryas, Raih Suara Fantastis di Dapil 5

Rudy Andryas, Caleg Nasdem peraih suara tertinggi di dapil 5 Sintang. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Proses pasca hari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 sudah mendekati final.

Sejumlah Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mulai merekapitulasi perolehan suara partai dan caleg di masing-masing kabupaten.

Rekapitulasi tingkat Kabupaten Sintang sudah dimulai sejak 2 maret 2024.

Advertisement

Lalu seperti apa perolehan partai dan caleg di Daerah Pemilihan  (Dapil) para caleg?

Ruai.tv khusus mengulas perolehan suara di Dapil 5 caleg DPRD Kabupaten Sintang yang cukup menarik juga untuk diikuti.

Nasional Demokrat (Nasdem) adalah tergolong partai baru yang mendudukan wakilnya di DPRD Kabupaten Sintang dari Dapil 5 ini.

Partai ini untuk pertama kali mengutus kadernya dalam hasil pemilu legislatif tahun 2019 yang lalu, yaitu Rudy Andryas.

Satu periode turut wakili Masyarakat Serawai Ambalau 2019-2024, Rudy Andryas kembali mencalonkan diri dalam kontestasi politik tahun 2024.

Satu periode lebih dari cukup sebagai pengalaman untuk bertarung kembali membawa aspirasi Masyarakat Serawai Ambalau, namun, jelas tidak semudah membalikan telapak tangan.

Mengingat pemilu 2024 jatah untuk mendudukan wakil rakyat dari dapil 5 ini berkurang, 4 kursi 2019 dikurangi 1 kursi untuk pileg 2024, sehingga puluhan caleg hanya memperebutkan 3 kursi saja.

Semua incumbent dan pendatang baru dengan nama besar partai akan berjuang habis-habisan. Persaingan dalam kontestasi ini betul-betul sengit di lapangan.

Dan hasil pertarungan politik daerah terpencil inipun sudah semakin mengerucut, siapa yang akan duduk di Gedung Rakyat Sintang, meskipun hingga berita ini diturunkan belum dinyatakan final oleh KPU Kabupaten Sintang.

Namun Rudy Andryas berhasil membukti kiprahnya 4 tahun lebih yang lalu, dan masyrakat Serawai Ambalau kembali mempercayakan satu kursi untuknya dengan perolehan suara fantastis di dapil 5 tersebut.

Bersama Partai Nasdem, Rudy Andryas mendulang suara di dua kecamatan tersebut sebanyak 5.341 suara. Di Kecamatan Ambalau  1.730 dan perolehan di Kecamatan Serawai 3.611.

“Ya, berita acara hasil Pleno di dapil 5 sudah kita terima,” ujar Rudy Andryas.

Rudy mengatakan, hasil kontestasi politik ini milik dan untuk masayarakat Serawai Ambalau secara khusus dan juga masyarakat Sintang secara umum.

“Terimakasih kepada masyarakat Ambalau Serawai atas dukungannya, kita akan perjuangkan pembangunan-pembangunan di desa-desa,” kata Rudy kepada tim redaksi ruai.tv

Dengan perolehan suara tertinggi di Dapil 5, maka Nasdem dipastikan sudah mengunci satu kursi dari Dapil 5.

Selain Nasdem terdapat beberapa partai besar lain yang bersaing ketat dalam perolehan suara. Di antaranya PDI Perjuangan 4.780 suara Partai dan Caleg, Demokrat memperoleh 4.685 suara partai dan caleg, serta Partai Gerindra 4.672 suara partai dan caleg.

Jika tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) maka dua kursi lainya sudah dikunci PDI Perjuangan dan Demokrat.

Tetapi jika ada PSU maka kemungkinan besar 1 kursi kembali direbut Partai Demokrat dan Gerindra, mengingat selisih suara kedua partai ini dibawah 15 suara.

Karena saat ini Partai Gerindra sedang mengajukan keberatan terhadap proses pencoblosan di dua TPS di dapil 5 yang mereka laporkan ke Bawaslu Kabupaten Sintang. Sidang pertama sudah dilakukan Jumat 1 Maret 2024.

“Kemarin jumat (1 maret) kami sudah sidang pertama. Senin pembacaan kesimpulan dan selasa putusan,” kata Sandan, Caleg Incumbent Partai Gerindra Dapil 5.

Menarik kita tunggu apa yang akan diputuskan Bawaslu Kabupaten Sintang, PSU atau tidak PSU. (RED)

Advertisement