Di Pontianak, Vaksinasi Ketiga Hanya Bagi Lansia

Di Pontianak, Vaksinasi Ketiga Hanya Bagi Lansia
Kadis Kesehatan Pontianak menjelaskan vaksin ketiga di Pontianak sementara hanya untuk lansia. Foto: Prokopim/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Vaksin ketiga di Pontianak atau vaksin booster mendahulukan kalangan lanjut usia (lansia). Kota Pontianak menyelenggarakan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster ini mulai Kamis (13/01/2022).

Pemerintah pusat telah menyatakan mulainya pemberian vaksin booster secara nasional. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, Rabu ( 12/01/2022) mengatakan, vaksin ketiga di Pontianak, hanya untuk warga yang berusia 60 tahun ke atas atau lansia.

Baca juga: Istri Temukan Suami Tewas Gantung Diri di Pontianak Kota

Advertisement

Sedangkan untuk kalangan usia di atas 18 tahun, masih terkendala capaian target vaksin dasar (dosis pertama dan kedua). Sebab, penentuan capaian vaksinasi dasar mengacu pada data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Atas data ini, Kota Pontianak belum mencapai target. Padahal, capaian vaksinasi di Kota Pontianak apabila berdasarkan data pemberian vaksin di pelayanan kesehatan, sudah melampaui target, lebih dari 80 persen.

Baca juga: Pontianak Belajar Adaptasi dan Mitigasi Bencana

“Oleh karena menggunakan data vaksinasi berdasarkan NIK sehingga capaian vaksinasi Kota Pontianak baru mencapai 67 persen dan lansia 49 persen,” kata Sidiq Handanu.

Hal itulah yang menyebabkan vaksinasi booster sementara ini hanya untuk kalangan lansia. Sidiq menambahkan, untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga ini, penerima vaksin harus terlebih dahulu mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!

Advertisement