Misa Pemberkatan Gua Maria & Pembukan Bulan Maria di Paroki Pusat Damai

SANGGAU – Ribuan umat menghadiri misa pemberkatan Gua Maria serta pembukan bulan Maria di tempat ziarah Paroki Santa Maria Tak Bernoda Pusat Damai, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, 1 Mei 2019.

Misa pemberkatan Gua Maria dipimpin oleh pastor Joni, pastor konselebran, Pastor Pritz dan Pastor Erwin, sedangkan pemberkatan altar baru dan Gua Maria oleh Pastor Erwin. Umat begitu antusias dan khusuk mengikuti perayaan kudus ini, miskipun cuaca sempat tidak memungkinkan.

Pemberkatan ini merupakan yang ke-4. Yang pertama diberkati oleh Uskup Agung Pontianak Mgr. Heronimus Bumbun pada 2 Mei 1987. Yang kedua diberkati oleh Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini pada 7 Oktober 2001. Yang ketiga juga diberkati oleh Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini pada 6 Mei 2012 sedangkan yang keempat ini diberkati oleh Pastor Erwin pada 1 Mei 2019.

“Kita patut bersyukur dan berbangga melihat perkembangan Paroki kita yang pelan-pelan mengalami perkembangan dalam pembangunan, saya juga berharap dengan direnovasinya tempat Ziarah Gua Maria ini menjadi lebih indah, agar kita merasa nyaman, aman tenang dan sejuk untuk berdoa dan berziarah ketempat ini uangkap Pastor Pritz Budmiger dalam homilinya,” tutur Pastor Erwin.

Tempat Ziarah ini adalah Kristo Centris yaitu lewat Bunda Maria umat yang diantar kepada Yesus, kepada Yesus yang wafat dan bangkit. Pastor Erwin mengajak masyarakat semua khususnya umat katolik untuk menjaga dan merawat tempat Ziarah ini, agar betul-betul menjadi tempat doa yang sakral.

Atas nama Pastor Paroki, Pastor Erwin juga mengucapkan bayak terima kasih kepada Panitia yang sudah meluangkan waktunya untuk merenovasi tempat ziarah ini serta dukungan dari umat Paroki Pusat Damai.

Pembangunan renovasi tempat ziarah ini menghabiskan biaya sebesar Rp 159.064.500, dana tersebut diperoleh dari swadaya umat dan dibantu oleh para donatur. Ketua panita kegiatan, Banyamin Hosana berharap, agar tempat ini betul-betul dijaga dan dirawat agar menjadi tempat yang indah dan kudus.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki yang sudah memberikan kesempatan pada pihak Panitia untuk merenovasi tempat ziarah ini dan terima kasih juga pada rekan-rekan panitia atas kerjasamanya serta umat yang sudah mendukung pembangunan ini, sehingga dapat kita nikmati dan rasakan bersama sebagai tempat doa. (Red).