Peresmian 105 Fasilitas Polri di Sambas Untuk Menangkal Barang Ilegal

SAMBAS – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono, meresmikan bangunan Fasilitas untuk anggota Polri di wilayah Polda Kalbar, di Kabupaten Sambas, Selasa, 12 Februari 2019.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar mengatakan, ada sekitar ratusan Bangunan Negara untuk anggota kepolisian yang sudah dibangun hingga saat ini.

“Pagi tadi baru saja meresmikan 105 Bangunan Negara dan Hibah Jajaran Polda Kalbar Tahun Anggaran 2018,” ujar Kapolda.

Kapolda menjelaskan, bahwa pihaknya telah melaksanakan peresmian beberapa bangunan negara yang dipercayakan kepada institusi Polri di Polda Kalimantan Barat.

“Ada 105 bangunan yang kita resmikan, mulai dari gedung sampai Perumahan Polsek dan Bintara ke semuanya bersumber dari APBN dan juga dari APBD serta juga dari hibah masyarakat,” ucap Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda Kalbar menuturkan, “Ini semua dilaksanakan sebagai wujud akuntabilitas publik dari institusi Polri kepada masyarakat sebagai lembaga non profit. Selain itu ini juga sebagai bentuk pemberian sarana prasarana kepada anggota Polri yang bertugas dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan sebagai anggota Polri,”.

Kapolda menambahkan bahwa pembanguan dilakukan guna memberikan semangat para anggotanya melaksanakan tugas. “Ini untuk memberi semangat kepada anggota . Sehingga mereka tidak lagi memikirkan kondisi kantor dan di mana ia tinggal. Karena ini menjadi bagian reward untuk anggota Polri,” ujar Kapolda Kalbar.

Ia juga menjelaskan, untuk di Polres Sambas karena sudah diberikan fasilitas-fasilitas yang baik tentunya bekerja lebih baik lagi dan bisa memberi yang terbaik pada masyarakat dalam rangka sebagai pelindung pengayom masyarakat untuk menjaga Kamtibmas.

“Kami memilih Sambas sebagai pusat peresmian pembanggunan, di Sambas karena ada nilai-nilai yang tinggi. Terutama karena Sambas mampu mengelola Kamtibmas juga karena Sambas berada di daerah perbatasan dengan negara tetangga, Malaysia” ucapnya.

Kembali Kapolda Kalbar menjelaskan, ada lima kabupaten di Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Di antaranya, Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, Entikong Kabupaten Sanggau, Ketungau Hulu Kabupaten Sintang, dan Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kabupaten Sambas sebagai salah satu daerah perbatasan sudah sepatutnya menjadi perhatian. Tentu menjadi barometer dilaksanakan kegiatan cegah tangkal untuk mencegah barang ilegal dan lain sebagainya dengan konsep Zero ilegal,” ujar Kapolda.

Sementara itu Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra menjelaskan, pada tahun 2018 ini jajaran Polres Sambas dipercayakan untuk mengelola anggaran senilai Rp 37 miliar lebih. “Dana itulah digunakan untuk pembangunan gedung Satpas SIM, pembangunan Flat Bintara Sambas dan yang ketiga rumah dinas Kapolsek Jawai Selatan, Rumah Dinas Bintara Polsek Subah, Rumah Dinas Bintara Polsek Sejangkung, Rumah Dinas Bintara Polsek Tebas,” kata Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra.

Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra SIK MH berharap, dibangunnya sarana dan prasarana itu harus menjadi penyemangat para pesonelnya dalam menjalankan tugas dengan Profesional Modern dan Terpercaya.

“Kami ucapkan juga terimakasih kepada Kapolda Kalbar yang telah mempercayakan kami dalam pembangunan ini. Saya mewakili jajaran Polres Sambas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada undangan, karena telah hadir dalam kegiatan ini,” ujar Kapolres Sambas AKBP Permadi Syahids Putra.

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, menilai gedung Bangunan Negara di Polres Sambas menunjukan perhatian besar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat kepada wilayah perbatasan.

“Ini penghargaan luar biasa untuk perbatasan, Kabupaten Sambas. Saya bersyukur atas pembangunan ini. Ini bertanda bahwa, perhatian wilayah perbatasan sangat besar,” kata Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.

“Apa yang disampaikan Bapak Kapolda, ia serius mengurusi perbatasan. Karena orang luar meilhat Sambas, melalui pembangunan. Perubahan sungguh signifikan. Termasuk pembanunan. Ini dahsyat. Ada gedung Satpas, Flat, itukan bagian dari pelayanan. Semoga Alloh SWT memberikan pahala bagi kebaikan bapak Kapolda,”. (Red).