Orangutan Jinak “Berkunjung” ke Ladang Warga di Sintang

orangutan terserat di kampung warga
Satu individu orangutan terlihat berada di pondok ladang warga di pedalaman Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Foto: IST/ruai.tv

SINTANG, RUAI.TV – Satwa langka orangutan tersesat di pemukiman warga, juga kebun dan ladang. Dua orangutan–atau mayas dalam sebutan lokal–terdeteksi “berkunjung” ke perkampungan dan lahan pertanian warga di wilayah pedalaman Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Kemunculan primata langka yang mendunia itu terjadi dalam rentang Agustus 2021. Setidaknya pada 3 Agustus, keduanya terlihat pula melintas di sekitar lokasi rumah burung walet milik Marang, warga Dusun Teluk Payang.

Baca juga: Hari Orangutan Sedunia, Mengapa?

Pada tempo setelahnya, yakni pada 23 Agustus, primata ini terlihat muncul di pondok ladang milik warga bernama Sarung di Sungai Penyure, Dusun Dohos Seranjang.

Warga yang menjumpai orangutan ini tidak lengah dengan gadget mereka. Itu sebab, beberapa jepretan dari kamera handphone pun beredar di akun Facebook. Satu di antaranya, pemilik akun bernama Timbang, mengunggah foto-foto itu di beranda Facebooknya.

Dari foto-foto itu, dua orangutan terlihat jinak. Keduanya justru tampak akrab dan dekat dengan warga. Sama sekali tidak terkesan mereka ketakutan.

Baca juga: 6 Pelajar di Ketapang dan KKU Terima Beasiswa Peduli Orangutan

“Pengakuan banyak orang, pernah lihat sampai lima orangutan dalam satu kawanan di sekitar desa,” kata Sutimbang Ngawan, warga Kecamatan Serawai, kepada ruai.tv melalui sambungan telepon, Selasa (24/08/21).

Baca selanjutnya dengan klik pages 2