Infaq Beras Lokal di Sekadau, Ini Caranya

Aktivitas pegiat sosial infaq beras di Sekadau Hilir. Foto: IST/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Semabi di Kecamatan Sekadau Hilir, memproduksi beras olahan lokal. Pemasarannya dibantu oleh Lawang Kuari Sedekah (LAWAS) melalui mekanisme infaq dari donatur.

Kemudian, beras-beras itu disalurkan kepada kalangan masyarakat kurang mampu.

Baca juga: Dayak Hibun Selenggarakan Ritual Mpokang Pedagi Abai Buo

Untuk membeli beras produk BUMDes ini, LAWAS menerima infaq dari para donatur melalui sekretariat yang beralamat di Jl Irian 212 Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau. Mereka juga membuka rekening di Bank Kalbar nomor: 9521311191 atas nama Lawang Kuari Sedekah.

“Mudah-mudahan kedepannya nanti LAWAS bisa bekerja sama dengan BUMDes-BUMDes lainnya untuk membeli beras produk lokal dalam penyaluran infag beras,” Kata Indra Suherman, Pengurus LAWAS kepada ruai.tv, Rabu (5/5/2021).

Lihat juga: VIDEO: Razia Tempat Hiburan Malam di Putussibau

Indra menjelaskan, saat ini BUMDes Semabi belum berani menampung beras dalam jumlah banyak. Tetapi mereka menampung gabah yang mereka simpan di dalam lumbung.

Karena mereka khawatir jika sudah digiling banyak, tetapi tidak ada pembeli, sehingga menyebabkan rusaknya besar jika disimpan terlalu lama.

Baca juga: Polisi di Kalimantan Barat Lakukan Penyekatan Jalan 

“Jika ada pesanan dalam jumlah banyak, harus segera menghubungi mereka dan baru akan digiling padi tersebut. Alhamdulillah sejak LAWAS terbentuk ini sangat membantu dalam penjualan beras lokal ini. Bisa dilihat dalam peningkatan 4 bulan terakhir ini,” kata Indra.

Dengan adanya kerjasama kelompok sosial kemasyarakatan ini, produksi penjualan beras milik BUMDes Semabi bisa meningkat dalam jumlah besar. Karena untuk LAWAS sendiri, menyalurkan hampir satu ton lebih setiap bulan kepada penerima infaq.

Baca juga: Jika Terjaring, Pemudik Diminta Putar Balik

Indra mengajak semua pihak untuk menyisihkan rejeki untuk bersedekah. Selain bisa membantu pasar produk lokal, melalui sedekah di LAWAS, juga membantu masyarakat kurang mampu.

“Tentunya harapan kita bersama, bukan hanya BUMDes Semabi yang ingin kita bantu untuk kedepannya, tetapi Semua BUMDes yang ada di Kabupaten Sekadau, dengan cara membeli produk mereka,” tutur Indra. (TS)