Banjir Besar di Dusun Ensayang, Warga Ngungsi ke Atap

Setelah 13 Tahun, Banjir Tiba-tiba Genangi Dusun Ensayang
Warga menghindari genangan banjir di Dusun Ensayang, dengan naik ke atas atap rumah. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Masyarakat Dusun Ensayang, Desa Karang Betung, Kecamatan Nanga Mahap, terkejut dengan banjir besar yang terjadi secara tiba-tiba, Senin (24/01/2022). Mereka tiba-tiba menyadari permukaan air semakin naik sekitar pukul 04.00 WIB.

Ketua RT 03, Dusun Ensayang, Aci, mengatakan, ini bencana alam pertama kali yang terjadi tahun 2022. Kejadi serupa pernah terjadi pada tahun 2009 atau 13 tahun lalu. Namun tidak separah yang terjadi kali ini.

Baca juga: Pemotor di Melawi Tewas di Tempat Setelah Salip Truk Pecah Ban

Advertisement

Penduduk sekitar pun heran, karena Dusun Ensayang merupakan daerah dataran tinggi. Dan di sekitarnya juga terdapat bukit dengan kawasan hutan yang relatif masih baik. Meski, di kawasan itu sudah ada lahan perusahaan.

“Baru sekarang ini terjadi lagi hampir belasan tahun ini. Ada rumah hampir terangkat kena banjir tu,” kata Aci.

Baca juga: Anak 2 Tahun di Meliau Ditemukan Tewas Tenggelam

Dia menjelaskan, akibat banjir ini ada sekitar 50 rumah terdampak. Karena banjir terjadi begitu cepat dan volume air tinggi, wargan tidak sempat mengevakuasi barang-barang.

Bahkan, ada di antara warga yang harus menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah. Sebagian warga lainnya, mengungsi ke rumah kerabat lain yang tidak terkena banjir.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!

Advertisement