Uskup Mencuccini Berkati Gereja Katolik Stasi Kenaman

Prosesi pemercikan Air Kudus oleh Uskup Sanggau, Mgr Guilio Mencuccini, CP, saat memberkati Gereja Katolik Stasi Kenaman, Paroki Sekayam. Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Lima tahun lebih lamanya, umat Katolik di Stasi Kenaman, yang merupakan bagian dari Paroki Sekayam di Kabupaten Sanggau, membangun gedung Gereja yang baru.

Baca juga: Baru Akan Dirikan Gereja, Umat Katolik Kedakas Ibadah di Kantor Desa

Memulai pembangunan sejak 2015, umat Katolik di stasi itu mengusahakan dana secara swadaya dari iuran dan bantuan donatur. Pemerintah kabupaten memberikan dukungan anggaran sebesar Rp 300 juta secara bertahap pada 2017 dan 2019.

Uskup Sanggau, Mgr Guilio Mencuccini, CP memberkati Gereja itu, Minggu 18/04/2021).

Baca juga: Uskup Sanggau Resmikan Gereja yang ke-992

Kepada tokoh umat Katolik di stasi itu, Uskup Mencuccini meminta agar selalu mendorong umat untuk rajin berdoa di Gereja ini.

“Ajaklah umat pergi ke Gereja untuk berdoa. Jangan hanya hari ini saja semangat (saat peremian Gereja), tapi besok dan lusa kendor,” kata Uskup Mencuccini.

Baca juga: Uskup Mencuccini Tahbiskan Dua Pastor Baru di Sanggau

Selain memberkati Gereja baru, Uskup menerimakan Sakramen Krisma terhadap 77 umat di tempat itu.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja, Sitompul, mengatakan, seluruh dana untuk pembangunan Gereja ini sebesar sekitar Rp 755 juta. Selama proses pembangunan berlangsung, umat masih menggunakan gedung Gereja lama yang kapasitasnya terbatas.

Baca juga: Misa Inkulturasi, Tradisi Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Lingga

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, melakukan peresmian atas gedung Gereja yang baru. Dia berpesan agar selain sebagai Rumah Ibadah, gedung itu dimanfaatkan tempat pembinaan iman.

Warga Katolik di desa itu diharap mampu merawat gedung itu agar tetap terpelihara dan tahan lama. (RED/BOB)