Umat Katolik Sanggau Menanti Uskup Baru

siapa uskup baru sanggau - Uskup Sanggau Ajak Kaum Muda Katolik Jadi Pelayan Tuhan
Uskup Sanggau Mgr Guilio Mencuccini CP saat pemberkatan Gereja Katolik Stasi Peripin di Entikong, Kabupaten Sanggau. Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Guilio Menccucini CP segera akan mengakhiri jabatannya. Tahta Suci Vatican pun telah menunjuk pastor yang akan menggantikan posisinya sebagai uskup.

Siapakah gerangan uskup baru ini? Jawaban akan pertanyaan ini akan segera terjawab.

Keuskupan Sanggau menyelenggarakan doa bersama dalam Adorasi dan Pengumuman Uskup Baru, Sabtu (18/06/2022). Penyelenggarannya mulai pukul 16.30 WIB, bertempat di Gereja Katedral Sanggau.

Baca juga: Uskup Sanggau Ajak Kaum Muda Katolik Jadi Pelayan Tuhan

Pastor Albert Yance, Pastor Paroki Katedral Sanggau, menyampaikan pemberitahuan ini dalam pesan yang beredar Jumat (17/06/2022) di bawah tajuk Habemus Episcopum (Kita Punya Uskup Baru).

Melalui pesan itu, Pastor Albert Yance menyebut, Uskup Mencuccini akan memimpin adorasi, sekaligus akan mengumumkan uskup baru yang akan menggantikannya. Bagi umat Katolik yang tidak bisa hadir di Katedral Sanggau, bisa mengikuti kegiatan ini melalui channel Youtube Katedral Sanggau yang menyiarkannya secara live streaming.

Baca juga: Uskup Sanggau Resmikan Gereja yang ke-992

Dalam tradisi Gereja Katolik Roma, adorasi merupakan doa dengan penghormatan terhadap Sakramen Mahakudus. Seorang uskup baru, muncul dari seorang pastor yang menerima penunjukan oleh Sri Paus di Tahta Suci Vatican. Sri Paus merupakan pemimpin umat Katolik sedunia.

Siapa gerangan pastor yang menerima penunjukan dari Sri Paus  ini?  Namanya akan segera dibacakan setelah adorasi sore ini.

Guilio Mencuccini, kini berusia 76 tahun, sudah menjabat sejak sebagai Uskup Sanggau selama 32 tahun lebih. Dia terpilih menjadi uskup pada 22 Januari 1990.

Baca juga: Uskup Mencuccini Tahbiskan Dua Pastor Baru di Sanggau

Tahbisan uskup berlangsung pada 3 Juni 1990 oleh Uskup Agung Pontianak kala itu, Mgr Hieronymus Bumbun OFM Cap. Mencuccini kelahiran 13 Maret 1946 di Fossacesia, Abruzzo, Italia.

Dia menjadi pastor di Kongregrasi Pasionis (CP), dan menerima tahbisan sebagai pastor pada 6 Agustus 1973. Dengan demikian pada 2022 ini, usia tahbisan pastornya selama 48 tahun lebih. (SVE)