Ritual Paradje, Kearifan Tradisi Melayu Sanggau Bersihkan Negeri

Ritual Paradje, Kearifan Tradisi Melayu Sanggau Bersihkan Negeri
Prosesi penyambutan tamu Ritual Paradje di Halaman Istana Surya Negara di Kota Sanggau, Senin (20/09/2021). Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Komunitas etnis Melayu di Kabupaten Sanggau, menggelar ritual Paradje Pusaka Negeri Sanggau ke-13, Senin (30/09/2021). Ritual ini disertai dengan arak-arakan kecil sejumlah orang di jalan protokol, mengenakan busana dan atribut khas Kesulanan Melayu.

Kegiaan ritual berlangsung di Istana Surya Negara di Kota Sanggau. Petugas berbusana kuning, menyambut sejumlah pejabat undangan dengan dua payung khas kerajaan, juga bernuansa kuning keemasan.

Penyambutan dengan tarian dan musik khas Melayu. Mereka disabut sejak di gerbang, kemudian berjalan kaki menuju pintu istana, dikawal sejumlah panitia berbusana kerajaan.

Baca juga: Masyarakat Minang di Sanggau Gelar Ritual Bakaua

Bupati Paulos Hadi dan istrinya Arita Apolina, mengenakan stelan bernuansa senada berupa batik cokelat dengak aksen krem. Bupati mengenakan tutup kepala khas berbentuk segi tiga di bagian depannya.

Sementara Wakil Bupati, Yohanes Ontot, mengenakan jas berwarna merah, busana yang kerap dia pakaikan sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2