Ritual Paradje, Kearifan Tradisi Melayu Sanggau Bersihkan Negeri

Ritual Paradje, Kearifan Tradisi Melayu Sanggau Bersihkan Negeri
Prosesi penyambutan tamu Ritual Paradje di Halaman Istana Surya Negara di Kota Sanggau, Senin (20/09/2021). Foto: DOK/ruai.tv

Ritual Paradje Melayu Sanggau

Di pintu istana, sesepuh etnis Melayu menyambut mereka dengan suatu ritual khusus. Sesepuh itu terlihat membaca doa dan memoles suatu ramuan pelengkap ritual. Di ruangan istana yang dominan bercorak kuning, mereka duduk melantai.

Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau, Gusti Arman, mengatakan, Ritual Paradje untuk pembersih negeri.

“Sama artinya dengan kita membuang segala macam penyakit, apakah bersifat wabah atau yang kita alami sekarang, pandemi virus corona. Insya Allah, corona akan hilang dan akan punah di negeri yang kita cintai ini,” kata Gusti Arman.

Baca juga: Ritual Adat Mulang Ajat, Begini Bentuknya

Bupati Paolus Hadi, mengatakan, Ritual Paradje sudah menjadi kegiatan tahunan. Selaras dengan cita-cita Sanggau seagau daerah berbudaya dan beriman.

“Kesempatan ini saya mengajak kita semua, untuk berpartisipasi membantu pemerintah meminimalisir penyebaran COVID-19 dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Paolus Hadi.

Beberapa waktu lalu, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau bersama Polres Sanggau dan Pemerintah Kabipaten, telah menyelenggarakan vaksinasi massal. (RED)