23 Desa Selenggarakan Pilkades di Sanggau

pilkades serentak
Kantor DPM Pemdes Kabupaten Sanggau. Foto: DOK/ruai.tv

SANGGAU, RUAI.TV – Pemilihan kepada desa (Pilkades) akan berlangsung di 23 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Sanggau. Pelaksanaan pemungutan suarat tersebut terjadwal serentak pada 20 Mei 2022 ini.

Secara keseluruhan di 23 desa itu, ada 85 calon kepala desa (Kades) yang akan bertarung mendapatkan suara terbanyak. Panitia telah memastikan berbagai persiapan teknis untuk menjamin kelancaraan pemilihan ini.

Baca juga: 2 Polisi Sanggau Diberhentikan, Ini Kasusnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Alian, mengatakan, telah tersedia 180 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 23 desa. Para warga yang memiliki hak suara, akan menentukan pilihannya di TPS-TPS tersebut.

“Untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di 23 desa ini, ada 37.199 orang secara keseluruhan. Jumlah ini terdiri atas 18.816 perempuan dan 21.458 laki-laki,” kata Alian.

Baca juga: Narkoba dalam Tahu Sambal di Lapas Singkawang

Dia mengimbau agar warga yang memiliki hak pilih, untuk berpartisipasi dalam memberikan suara, sesuai waktu dan tempat sebagaimana ketentuan panitia.

Alian memaparkan, 10 kecamatan yang menggelar Pilkades terdiri atas Kecamatan Kapuas (6 desa), Mukok (1 desa), Meliau (2 desa), Noyan (2 desa), dan Kembayan (3 desa). Kemudian, Tayan Hilir (1 desa), Balai (2 desa), Jangkang (2 desa), Toba (2 desa) dan Parindu (2 desa).

Baca juga: Harga Sayuran Mulai Turun, Ikan Laut Masih Mahal di Bengkayang

“Kami bersama Panitia Pelaksana Pilkades tingkat desa dan Tim Pembina tingkat kecamatan dan kabupaten, sudah melakukan persiapan final, tinggal pelaksanaan,” kata Alian. (RED)