Menteri Tito dan Mahfud Dijadwalkan Hadir di PLBN Aruk

Menteri Dalam Negeri sekaligus Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian (tengah). Foto: DOK/ruai.tv

SAMBAS, RUAI.TV – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melaksanakan kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2021 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Jumat (9/4/2021).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD, bersama dengan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP, Tito Karnavian, dijadwalkan hadir.

Baca juga: Tambah 77, Kasus Covid-19 Kalbar Capai 6.288 Orang, Ini Sebarannya

Termasuk, DPR RI Rahmat Gobel dan Aziz Syamsudin. Gerbangdutas di PLBN Aruk itu akan dibuka oleh Mahfud MD, didampingi Tito

Sementara petinggi Kalimantan Barat, di antaranya Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.

Baca juga: 31,5 Ton Benih Padi untuk Petani di Sompak

Kegiatan ini disiarkan secara live melalui aplikasi zoom, untuk diikuti oleh 14 gubernur lain, yakni Gubernur Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua.

Juga diagendakan 53 bupati/walikota di wilayah kawasan perbatasan di Indonesia, dijadwalkan mengikuti kegiatan itu secara daring.

Baca juga: Putra Asal Kapuas Hulu Ikuti Seleksi Timnas U 19

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, mengatakan, BNPP sebelumnya telah terlebih dahulu menyelenggarakan koordinasi dan konfirmasi rencana aksi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021.

Inpres ini memuat tentang percepatan pembangunan ekonomi pada wawasan perbatasan negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Baca juga: Kukang Liar Muncul di Pemukiman Warga Kayong Utara

Koordinasi ini dilakukan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat. Juga telah ditindaklanjuti dengan mengunjungi PLBN Aruk pada 7 April lalu.

Restuardy menambahkan, pada Gerbangdutas 2021 akan dicanangkan sejumlah anggaran Kementerian/Lembaga dalam Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) Tahun 2021 dengan besaran anggaran berkisar triliunan rupiah.

Baca juga: Tak Disangka, Ini Terduga Pelaku Pembunuhan Nenek di Mempawah

Selain itu dilakukan penyerahan secara simbolis Program dan Kegiatan K/L yang telah selesai tahun sebelumnya, serta peluncuran perdana pameran virtual komoditas unggulan daerah perbatasan tahun 2021.

Gerbangdutas merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan koordinasi terkait pengelolaan kawasan perbatasan negara, dengan tujuan mendukung percepatan pembangunan di kawasan perbatasan negara dan membangun sinergitas K/L dan Pemerintah Daerah. (*/TS)