31,5 Ton Benih Padi untuk Petani di Sompak

Bupati Karolin di hadapan petani di Kecamatan Sompak. Foto: DOK/ruai.tv

LANDAK, RUAI.TV – Para petani di Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, menerima alokasi bantuan 31,5 ton benih padi. Bantuan benih ini diberikan untuk mendukung pertanian masyarakat di masa pandemi.

Baca juga: 500 Bibit Pohon Bakal Hijaukan Makam Juang Mandor

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, menyerahkan bibit padi itu, secara simbolis kepada perwakilan petani, Rabu (07/04/2021). Dia mengatakan, seluruh bibit baru akan didistribusikan, jika sudah ada jaminan barangnya benar-benar bagus.

Baca juga: Tak Disangka, Ini Terduga Pelaku Pembunuhan Nenek di Mempawah

“Mengapa bantuan benih? Ya, apapun yang bisa kami bantu akan saya upayakan, untuk meringankan beban di masa pandemi. Saya berharap tanaman padi ini bisa memberikan nilai ekonomi yang cukup,” ujar Karolin.

Baca juga: Kukang Liar Muncul di Pemukiman Warga Kayong Utara

Bantuan itu, tutur Karolin, bersumber dari APBN dan ABPD. Bibit yang bersumber dari Kementerian Pertanian melalui APBN berupa varietas inpari 30 Ciherang dengan label biru.

Sementara yang bersumber dari APBD Landak yakni varietas inpari mekongga, yang merupakan varietas padi lokal.

Baca juga: Putra Asal Kapuas Hulu Ikuti Seleksi Timnas U 19

Karolin meminta para petani dan perangkat desa, mengembangkan potensi pertanian, baik komoditas padi maupun benih, sehingga menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Baca juga: Warga Dusun Terindak Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Saya dengar banyak sarjana padi di Sompak ini. Artinya, sudah banyak yang ternyata kuliah dan jadi sarjana, dari hasil bertani padi,” kata Karolin. (KAR)