Puting Beliung di Pontianak, Ini Analisis BMKG

Puting beliung di Pontianak Minggu 16012021 terekam kamera amatir warga
Puting beliung di Pontianak, Minggu (16/01/2021) terekam kamera amatir warga. Foto: IG @info_bmkg_kalbar/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Atap puluhan rumah beterbangan akibat angin puting beliung terjang Pontianak, Minggu (16/01/2022) sore. Bencana alam ini terjadi di kawasan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Kawasan yang menjadi lintasan angin puting beliung ini adalah Kampung Kapur, Kelurahan Banjar Serasan. Daerah terdampak merupakan areal di tepian Sungai Kapuas. Puting beliung terjang Pontianak menerbangkan atap seng, dan juga merobohkan kanopi rumah warga.

Baca juga: Angin Puting Beliung di Pontianak Rusak Atap Rumah

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori, menjelaskan, dari pantauan radar cuaca produk SWI dan HWIND pada Minggu (16/01/2021) pukul 16.09 WIB hingga 16.30 WIB, terpantau adanya angin dengan kecepatan 20 knot disekitar Pontianak Timur dan Pontianak Utara.

Radar menangkap adanya tanda divergensi atau tanda “menyebar” secara visual. Tandak “menyebar” menunjukkan indikasi adanya hembusan angin ke bawah atau downburst.

Dalam kondisi tersebut, terdapat potensi angin di permukaan dengan kecepatan lebih dari 20 knot. Nanang Buchori menyampaikan penjelasan ini melalui akun Instagram @info_bmkg_kalbar.

Baca juga: Peringatan Dini Hujan dan Karhutla di Kalbar

Sementara itu, BMKG memprakirakan cuaca di wilayah Kalbar untuk rentang 17 hingga 20 Januari 2022. Dalam periode ini, masih ada potensi terjadinya hujan.

Dominannya hujan dalam intensitas ringan hingga sedang. Prakiraan hujan dengan intensitas lebat masih akan terjadi di beberapa wilayah Kalbar lainnya.

Tonton videonya di halaman berikut. Baca selanjutnya dengan klik pages 2 atau KLIK di SINI!