Peringatan Dini Hujan dan Karhutla di Kalbar

Potensi hujan dan karhutla
Potensi hujan dan karhutla di Kalbar 16-20 Januari 2022.. Foto: DOK/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Potensi hujan dan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Kalbar menjadi peringatan dini yang BMKG keluarkan, Minggu (16/01/2022). BMKG Kalbar menyatakan, masyarakat perlu mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem dalam rentang 16 sampai 20 Januari 2022.

Dalam peringatan dini melalui akun Intagram @info_bmkg_kalbar, prakirawan menyebut adanya hujan intensitas ringan hingga lebat. Dengan kemungkinan petir menyertai serta angin kencang berdurasi ringkat.

Baca juga: Begal Rp 74 Juta di Kubu Raya, Biayai Pacar Pulang ke Karawang

Khusus untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat tersebut, perlu adanya peningkatan kewaspadaan.

Di antarnya karena ada potensi terjadi bencana banjir, genangan, dan tanah longsor. Terutama di wilayah Kalbar yang selama ini sering terjadi bencana tersebut.

Baca juga: Satu Buronan Kasus Korupsi Lahan Lapas Pontianak Tertangkap

Sedangkan untuk karhutla, prakirawan menyebut adanya potensi mudah hingga sangat mudah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Peringatan ini untuk rentang waktu antara 21 hingga 22 Januari 2022. Potensi hujan dan karhutla di Kalbar sebagaimana prakiraan BMKG harus menjadi kewaspadaan bersama. (RED)