Pengrajin Kriya Pontianak Kombinasikan Sospeso Trasparente dengan Kearifan Lokal

Pengrajin Kriya Pontianak Kombinasikan Sospeso Trasparente dengan Kearifan Lokal
Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono melihat-lihat kerajinan hasil karya pengrajin dengan teknik Sospeso Trasparente di Gedung UMKM Center. Foto: Prokopim Kota Pontianak/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Potensi seni kriya jenis Sospeso Trasparente mulai muncul di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Dekranasda setempat melirik peluang ini untuk mengembangkan variasi produk kerajinan oleh para pegiat seni.

Sebuah pelatihan berlangsung di Gedung UMKM Center Pontianak, Selasa (28/09/2021). Para pekerja kerajinan menerima pengembangan kreativitas dengan membuat kerajinan menerapkan teknik Sospeso Trasparente.

Baca juga: Dekranasda Pontianak Berikan Pelatihan Fotografi Produk Kriya

Di Kota Pontianak, teknik ini belum dikenal begitu luas. Dekranasda Kota Pontianak melihatnya sebagai peluang bisnis yang perlu respon dari pelaku kriya.

Yutiknowati, pelatih Teknik Sospeso Trasparente mengatakan, teknik ini memungkinkan untuk kombinasi dengan semua media. Baik dari material kain, kaca, atau mika.

Baca juga: Kerajinan dari Limbah Kayu, Bupati Pesan 1.000 Buah

“Hasilnya tergantung dari kreativitas dan inovasi peserta. Kalau kita jual produk biasa dengan harga Rp 70 ribu, dengan teknik Sospeso nilai jualnya bisa naik jadi Rp 300 ribu” katanya.

Apa itu teknik Sospeso Trasparente, baca di halaman selanjutnya dengan klik pages 2