Muncul Klaster Sepeda dan BPN, Kasus Positif Covid-19 Meningkat di Sintang

suntikan vaksinasi
Ilustrasi: unsplash.com

PONTIANAK, RUAI.TV – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, Jumat (26/03/2021) merilis data adanya penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang cukup tinggi di Kabupaten Sintang.

Angka konfirmasi positif Covid-19 per 26 Maret 2021, dari 462 sampel yang diperiksa, jumlah konfirmasi baru sebanyak 54 orang, 4 di antaranya dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Polisi Tangkap Pasutri di Jl Suprapto Ketapang, Ini Sebabnya

Sampel dari 8 kabupaten/kota itu menempatkan Sintang dengan angka tertinggi, yakni 31 orang.

“Terjadi peningkatan kasus di Sintang, ini dari klaster sepeda dan klaster BPN,” kata Harisson.

Di luar itu, Kota Pontianak 6 orang, Landak 1 orang, Mempawah, 3 orang, Sambas 2 orang, Kota Singkawang 7 orang, Kubu Raya 3 orang, dan Melawi 1 orang.

Baca juga: Pontianak Warna-warni, Bibit Pohonnya dari Kuching

Sementara untuk konfirmasi sembuh per 26 Maret 2021 sebanyak 49 orang, yang tersebar di Kota Pontianak 6 orang, Kubu Raya 5 orang, Bengkayang 4 orang, Landak 25 orang, Kapuas Hulu 1 orang, dan Mempawah 8 orang.

Harisson menjelaskan, klaster sepeda ini mencakup satu kompleks perumahan. Setelah acara gowes (bersepeda), mereka jalan-jalan menggunakan beberapa mobil.

Baca juga: 74 Calhaj Lansia Ketapang Terima Vaksinasi Covid-19

“Kegiatan ini tanpa prokes yang baik yang menyebabkan terjadinya penularan. Kalau satu anggota keluarga tertular, maka anggota keluarga lain dalam satu rumah akan tertular. Jadi banyaklah klaster sepeda ini,” kata Harisson.

Sementara untuk klaster Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sintang, ujar Harisson, dikarenakan satu pegawainya yang demam tapi tetap masuk kerja. Terakhir diketahui, pegawai ini terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dilakukan tracing, ternyata di BPN banyak yang tertular,” kata Harisson.

Baca juga: Bupati Karolin Panen Perdana Ikan Nila di Dusun Pampang

Dia menambahkan, rumah isolasi yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang sekarang menampung sekitar 80 orang, di antaranya menampung dari klaster sepeda dan BPN.

Angka keseluruhan di Kalimantan Barat per 26 Maret 2021 yakni total kasus konfirmasi 5.733 orang, kasus sembuh 5.054 orang atau 88,15 persen, dan meninggal 34 orang atau 0,59 persen. (SVE)