Lantik Ketua DAD Pontianak Timur dan Timanggong Binua Tanyukng Secara Virtual

Prosesi pelantikan Ketua DAD dan Timanggong Pontianak Timur, Sabtu (09/10/2021). Foto: Konradus Hasan Taris Tibo/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) Pontianak Timur dan Ketimanggongan Binua Tanyukng periode 2021-2026 menjalani pelantikan, Sabtu (09/10/2021) di Rumah Betang Jl Sutoyo Pontianak.

Ketua DAD Kota Pontianak, Sekundus, melantik mereka secara virtual melalui aplikasi video conference. Menggunakan cara ini sebagai karena masih dalam situasi pandemi sehingga tidak bisa mengumpulkan banyak orang. Selain itu, Sekundus sedang berada di luar kota.

Prosesi pelantikan dimulai dengan ritual nyangahatn di lokasi pedagi di halaman Betang. Selanjutnya nyangahatn juga berlangsung di lantai dua sebagai arena pelantikan.

Baca juga: Terpilih Aklamasi, Ketua DAD dan Timanggong Pontianak Timur

Panyangahat mengucapkan doa menurut tradisi Dayak, memohon izin kepada leluhur untuk penyelanggawaran kegiatan itu. Sekaligus memohon perlindungan agar seluruh rangkaian acara benglangsung lancar.

“DAD dan Timanggong harus bekerja sama membangun masyarakat, khususnya yang berada di wilayah kewenangannya, yakni Pontianak Timur. Dan saya harap, selalu berkoordinasi dengan DAD Kota Pontianak,” tegas Sekundus.

Ketua DAD Pontianak Timur, Martinus Christanto, menyediakan sekretariat untuk mempermudah gerak organisasi. Dia merangkum visinya dalam akronim “Bertiga”.

Bertiga sebagai penjabaran dari tiga aspek, yakni Tuhan (Jubata), talino (manusia) dan alam. Ketiga unsur yang, menurut dia, harus selaras untuk mencapai harminisasi kehidupan di tengah masyarakat yang plural.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2