Kampung Pecinan di Pontianak Dongkrak Daya Tarik Wisata

Tim Disporporapar mengunjungi Gg Gajahmada 9 di Kota Pontianak, Jumat (05/03/2021). Foto: Dika Febriawan/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Inisiatif warga Gg Gajahmada 9 di kawasan Jl Gajah Mada Kota Pontianak, Kalimantan Barat,menata kampung bernuansa pecinan, mendapat respon positif dari pemerintah.

Warga setempat melukis tembok di gang itu dengan mural beberapa hari lalu. Pemerintah menilai, penataan itu berpotensi menarik minat wisatawan.

Begitu beritanya muncul di sejumlah media, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, mendatangi lokasi itu, Jumat (05/03/2021).

Baca juga: Polesan Mural di Kawasan Pecinan Kota Pontianak

Mural yang telah ada dengan nuansa seni khas Tionghoa, menjadikan kawasan itu semakin menarik. Selain lokasinya yang berada di area pusat perdagangan, memiliki potensi kunjungan yang signifikan.

Disporapar ingin mendorong daerah lain agar turut membangun identitas budaya yang sesuai sebagai ikonik keharmonisan di Kalimantan Barat.

Kepala Disporapar Kalimantan Barat, Windy Prihastari, mengatakan, pemerintah provinsi akan mengikuti ide kreatif warga di Gg Gajahmada 9. Namun ide ini masih harus dikoordinasikan dengan instansi yang terkait dengan penataan sektor kepariwisataan.

Baca juga: Liburan Imlek, Warga Kunjungi Danau Laet

Herfin Yulianto, warga Gg Gajah Mada 9, menjadi pelopor pembuatan lukisan mural di tembok-tembok sepanjang gang, yang menampilkan identitas kampung pecinan.

Pada Rabu (03/03/2021) lalu, ia menunjukkan kepada wartawan, di antara lukisan mural yang telah dibuat, berupa permainan replika naga, yang kerap memeriahkan perayaan Cap Go Meh di kota itu. Lukisan ini merupakan karya seorang seniman bernama Hidayat. (DIK)