Cara Pontianak Pulihkan Perekonomian

Workshop pemulihan ekonomi secara daring di Pemkot Pontianak. Foto: courtesy Prokopim Kota Pontianak/ruai.tv

PONTIANAK, RUAI.TV – Pemerintah Kota Pontianak menyusun sejumlah strategi sebagai cara memulihkan perekonomian yang menurun karena pandemi. Strategi itu dibagi dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Cara-cara ini mengemuka dalam workshop upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah di Kota Pontianak, yang diselenggarakan melalui video conference di Ruang Pontive Center, Kamis (05/08/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, strategi ini sangat penting untuk menggerakkan roda perekonomian yang terdampak oleh pandemi.

Dalam pemulihan ekonomi jangka pendek, Pemkot berupaya memberikan relaksasi atau kelonggaran sesuai dengan kondisi pandemi. Seperti saat, Pontianak masih menerapkan PPKM Level 4.

Baca juga: Nasib Penjual Bendera di Sanggau

Meskipun ada pembatasan waktu operasional dan pelayanan, namun beberapa sektor usaha diizinkan untuk menjalankan usahanya.

“Seperti usaha rumah makan dan warung kopi diizinkan makan di tempat dengan maksimum 25 persen dari kapasitas,” kata Edi.

Sementara untuk jangka menengah, apabila di tahun 2022 kondisi pandemi mereda atau melandai, Edi yakin upaya percepatan pemulihan ekonomi bisa dilakukan secara optimal.

Baca selanjutnya dengan klik pages 2