6.000 Orang Ikuti Pawai Taaruf 1 Muharram di Pontianak

Pawai Taaruf 1 Muharram
Kontingen pawai taaruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah di Pontianak. Foto: Kominfo/Prokopim/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Para pelajar SD, SMP, SMA dan masyarakat umum berjumlah sekitar 6.000 orang, mengikuti Pawai Taaruf 1 Muharram di Kota Pontianak. Pawai ini untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah.

Pawai bermula dari depan Taman Alun Kapuas, Jl Rahadi Usman, Minggu (07/08/2022). Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, melepas para kontingen.

Baca juga: Sekolah di Pontianak Ini Punya Bank Sampah

Advertisement

Dia mengatakan, perayaan Hari Besar Islam tersebut menjadi momentum menjaga nilai-nilai kebaikan. Terutama untuk generasi muda.

“Sudah lama tidak terlaksana perayaan hari besar agama seperti ini karena pandemi. Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan pawai taaruf,” kata Bahasan.

Baca juga: Isi Jeriken di SPBU, Begini Penjelasan Pertamina

Pawai ini, ujar Bahasan, untuk memupuk rasa silaturahmi antar masyarakat. Dia mengharapkan, perayaan hari besar keagamaan dapat lebih meriah dengan lebih banyak peserta.

“Untuk sekarang peserta masih panitia batasi karena kapasitas tempat. Dan masih pertama kali, ya usai pandemi, jadi perlu penyesuaian,” tutur Bahasan.

Baca juga: Penyandang Disabilitas Pontianak Hasilkan Karya Kerajinan

Dia menyampaikan pesan kepada peserta pawai, untuk mendalami pemahaman terhadap nilai-nilai agama. Sedini mungkin menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari, sesuai pedoman dalam Al-Quran dan Hadits.

“Maknai nilai-nilai Islami. Karena selama ini kita menyadari ada stigma sedang terjadi kemerosotan moral dalam anak muda,” sebut dia. (*/RED)

Advertisement