2 Pencuri Sarang Walet Tertangkap Saat Beraksi di Belitang Hilir

pencuri sarang walet
Warga saat menangkap dua pencuri sarang burung walet di Belitang Hilir, Sekadau. Foto: DOK/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Tindak pencurian terhadap sarang burung walet terjadi di Kabupaten Sekadau. Warga berhasil membekuk keduanya kemudian menginformasikan kejadian ini kepada polisi.

Dua pencuri sarang burung walet ini sempat hendak beraksi di sebuah tempat usaha di Kecamatan Belitang Hilir. Personil dari Kepolisian Sektor (Polsek) Belitang Hilir segera mengamankan mereka, agar tidak jadi sasaran amuk massa.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Balita, Ini Pengalaman Kelurahan Pal Lima

Video yang menayangkan kedua pencuri ini tertangkap, beredar di linimassa media sosial dan aplikasi pesan singkat. Tampak dalam tayangan itu, orang-orang yang geram, mengomel-ngomel kepada dua pencuri.

Dari penampilannya, kedua pencuri ini masih berusia relatif muda. Seorang dengan rambut agak panjang, dan yang seorang lainnya memiliki sejumlah tatto di tangan kanan.

Baca juga: Video Bupati Karolin Pamit, Tonton di Sini

Kapolres Sekadau, AKBP Kayuswan Tri Panungko, Selasa (24/05/2022) mengatakan, kasus pencurian sarang burung walet ini sudah dalam penanganan polisi. Dia meminta warga mewadpadai potensi-potensi kejadian serupa.

Sebab, kata Kapolres, kasus kejahatan konvensional masih menjadi persoalan serius di daerrah ini. Kejahatan sepererti ini tidak hanya terjadi di kota besar, tetapi merambah ka kawasan pedalaman.

Baca juga: Kena Tembak di Jl Trans Kalimantan, Kaca Bus Ini Bolong

Bentuknya dalam berbagai bentuk dan morus. Selain pencurian sarang burung walet, juga yang cukup marak seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Hingga pencurian uang dan harta benda lainnya milik warga.

Usaha sarang burung walet saat ini menjadi satu di antara primadona masyarakat. Meski sifatnya spekulatif, karena berharap ada burung walet yang mau mampir ke rumah wale, dan memproduksi sarang di situ.

Baca juga: Pontianak Bakal Punya Krematorium

Harga jual sarang burung walet yang cukup lumayan, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menekuni usaha ini. Namun di sisi lain, menjadi sasaran empuk para pencuri. (RED)