Arsip

Pilkada Sintang 2024 Diprediksi 4 Paslon. JW: Sintang Rumah Besar Kita Bersama

Bupati Sintang, Jarot Winarno saat diwawancarai ruai.tv di sebuah warung kopi di Kota Sintang, Sabtu (20/04/2024). (Foto/ruai.tv)
Advertisement

SINTANG, RUAI.TV – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Sintang tahun 2024 diprediksi akan diikuti oleh 4 (empat) pasangan calon.

Bupati Sintang Jarot Winarno (JW) dengan yakin mengatakan hal itu saat berbincang-bincang santai di warung kopi di Kota Sintang, Sabtu 20 April 2024.

Menurut JW, ada empat Bakal Calon Bupati yang berpotensi secara sah maju dalam kontestasi politik di bumi senentang 2024 ini.

Advertisement

Satu di antaranya adalah Melkianus yang saat ini sebagai Wakil Bupati Sintang Jarot Winarno.

Melkianus adalah kader Partai Golongan Karya (Golkar) yang sudah berpengalaman dalam urusan politik dan pemerintahan di Sintang. Melkianus satu di antara politisi senior Golkar di Kabupaten Sintang.

Berikutnya ada Florensius Roni. Roni adalah Ketua DPRD Sintang Periode 2019-2024 yang juga Ketua Partai Nasional Demokrat Kabupaten Sintang.

Roni Kader muda Nasdem yang pada masa Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 tidak melanjutkan dominasinya di DPRD Sintang melainkan memilih menjadi Caleg DPR RI Dapil Kalimantan Barat 2, namun Roni belum beruntung karen dominasi suara Gulam Muhamad Sharon yang sudah pasti mengantar Sharon duduk di kursi parlemen gedung senayan.

“Kalau Nasdem mengusung Kader Nasdem, Roni (Florensius Roni),” tegas Jarot.

Bakal Calon Bupati lainnya menurut Jarot adalah Heri Jambri (HJ).

Heri Jambri adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

HJ adalah politisi paling senior di Kabupaten Sintang. HJ sudah duduk di DPRD Kabupaten Sintang 5 (lima) periode. HJ juga memasuki periode ke-6 (enam) karena terpilihnya kembali HJ pada Pileg 14 Februari 2024 lalu.

JW melanjutkan prediksinya terhadap Bacabup berikutnya yang akan maju dalam Pilkada di Sintang.

Dia adalah Herkulanus Roni (HR). HR adalah mantan Kelapada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Kabupaten Sintang yang saat ini masih sebagai birokrat aktif, yaitu satu diantara staf ahli di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sintang.

HR juga sudah punya jarak tempuh sangat jauh dalam mencermati dan bertindak dalam pengelolaan pemerintahan dan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Sintang.

HR sudah mengunjungi desa-desa di Kabupaten Sintang lebih dari 80% selama menjabat Kepala Dinas BPMPD.

Sedangkan pada Masa Kepemimpinan Bupati Milton Crosby, HR adalah Kepala Biro Hukum Setda Kabupaten Sintang.

Lalu nama Gregorius Herkulanus Bala, anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 dan terpilih kembali untuk periode 2024-2029 bukan Bacabup kaleng-kaleng. Pebisnis sekaligus politkus 55 tahun itu terbukti sukses dalam karir politiknya.

Itulah ke lima nama Bacabup potensial yang diprediksi Jarot Winarno menjadi 4 paslon akan bertarung nantinya.

Jarot juga mengaku belum ada mendengar kabar ada kalangan kerabat Melayu dan atau non Kristiani yang akan maju dalam Pilkada Sintang 2024.

Namun Jarot menilai ke lima Bacalon potensial itu semua baik. Dinilainya, mereka dapat merangkul semua golongan tidak terkotak-kota pada isu suku dan agama.

JW juga meminta agar Bakal Calon Wakil Bupati diambil dari Kalangan non Dayak dan non Kristiani yang merupakan tokoh agama, tokoh politik, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda.

“Sintang rumah besar kita semua, semua agama, semua suku harus diayomi,” kata Jarot Winarno.

Jarot mengklaim, dirinya sebagai orang jawa yang mampu mengayomi semua suku dan agama di Sintang selama menjabat sebagai Kepala Daerah dua periode ini.

“Jadi pesan saya itu, pemimpin harus milik semua golongan, layani semua golongan itu sama,” jelasnya.

Kemudian JW menekankan, point yang tidak kalah penting harus dimiliki para pasangan calon untuk menghadapi pilkada adalah popularitas, elektabilitas, dan ketersediaan dana.

“Jadi penting semua. Populer tapi tidak memiliki elektabilitas susah. Populer, elektabilitas tinggi, tapi tak punya dana, susah. Harus punya tiga-tiganya, saya sudah pengalaman akan hal ini” paparnya.

Jarot meminta, calon terpilih kedepan bisa melanjutkan pembangunan yang sudah ada, seperti membangun infrastruktur jalan, menjaga hutan adat untuk keberlangsungan hidup hingga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, kata Jarot, penting menjamin kondusifitas daerah agar semua aspek pembangunan dapat berjalan aman dan lancar.

Untuk diketahui, dalam masa pembukaan pendaftaran di Partai Politi di Sintang, Jarot Winarno turut mengantar dua Bacabup mendaftar, yaitu Bacabup Herkulanus Roni dan Bacabup Melkianus.

Sebagai birokrat dan politkus sejati, lalu siapa yang akan didukung Bupati penggemar berat sepakbola itu secara habis-habisan nanti?

Namun secara garis Partai, tentu Pak De panggilan akrabnya, akan mendukung Kader Partainya sendiri. (LM/SOF).

Advertisement