Arsip

KKB Kembali Berulah: Bakar Satu Mobil dan Tembak Mati Sopir di Paniai

Proses Evakuasi Korban Tembak Mati oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya. (Foto/Ist)
Advertisement

PAPUA TENGAH, RUAI.TV – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya, yang dipimpin oleh Undius Kogoya, kembali berulah di Kabupaten Paniai dengan membakar satu mobil dan menembak mati sopir pada hari Selasa, 11 Juni 2024, pukul 13.30 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan telah terjadi penembakan terhadap satu masyarakat sipil (sopir angkot) dan pembakaran satu unit mobil di Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

“Pelaku penembakan dan pembakaran ini adalah KKB Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya yang selama ini melakukan aksi kriminal di Kabupaten Paniai,” kata Kombes Pol Faizal Ramadhani.

Advertisement

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, dalam keterangannya menjelaskan bahwa korban bernama Rusli (40), yang beralamat di Kompleks Terminal, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai.

AKBP Dr. Bayu Suseno menuturkan, berdasarkan keterangan dari masyarakat, pada pukul 13.30 WIT, warga yang datang dari arah Kampung Enarotali hendak ke Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur, melihat satu unit mobil berada di pinggir jalan dalam keadaan terbakar dan sopirnya dalam keadaan tersungkur di dalam mobil serta terdengar suara tembakan.

“Setelah itu, terlihat sekelompok anggota KKB berjumlah 10 orang dengan membawa senjata api laras panjang keluar dari alang-alang pinggiran jalan, sehingga membuat masyarakat yang melihat kejadian tersebut takut dan langsung kembali ke arah Kampung Madi,” ujar AKBP Bayu Suseno.

Lebih lanjut, AKBP Bayu Suseno menyampaikan bahwa korban diketahui telah meninggal dunia dan jenazahnya berada di dalam mobil yang dibakar oleh KKB.

“Untuk diketahui, jenazah korban telah berhasil dievakuasi oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan Brimob Batalyon C Polda Papua ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paniai,” tambahnya.

AKBP Bayu Suseno menambahkan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz dan Brimob Batalyon C Polda Papua telah merespons kejadian tersebut dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB tersebut.

“Kami menegaskan bahwa Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan langkah-langkah penindakan dan penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB, pelaku penembakan dan pembakaran ini,” pungkasnya. (RED)

Advertisement