Arsip

Ketua Komisi V DPR RI Pimpin Kunjungan Kerja ke Italia

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus pimpin kunjungan ke Italia guna memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Italia di bidang infrastruktur dan transportasi. (Foto/Ist)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, memimpin rombongan Komisi V dalam kunjungan kerja ke Italia pada Senin, 22 Juli 2024.

Kunjungan ini bertujuan memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Italia di bidang infrastruktur dan transportasi.

Lasarus, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, mengatakan bahwa banyak hal yang diperoleh dari kunjungan tersebut.

Advertisement

Salah satu topik utama yang dibahas adalah konsep “Smart Road” atau sistem jalan masa depan dengan pola digitalisasi.

Teknologi Smart Road

Teknologi Smart Road menggunakan sensor dan kecerdasan buatan (AI) untuk memonitor kondisi lalu lintas dan mengoptimalkan aliran kendaraan secara real-time.

Dengan sensor di jalan dan komunikasi antar kendaraan, sistem ini dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan keselamatan.

Lampu lalu lintas yang adaptif berkontribusi pada manajemen lalu lintas yang lebih efisien, memastikan perjalanan yang lebih lancar bagi pengguna jalan.

Implementasi di Italia

Pemerintah Italia telah mengadopsi teknologi Smart Road. Meski pengembangan infrastruktur kota pintar dalam skala besar bisa mahal dan rumit, pemerintah dan otoritas transportasi dapat memecah proyek ini menjadi beberapa fase.

Dimulai dengan inisiatif berskala kecil yang berbiaya rendah, hal ini bisa memberikan nilai awal dan menyiapkan panggung untuk investasi yang lebih besar di masa depan.

Sejarah dan Masa Depan Mobilitas

Pada masa awal mobilitas bertenaga motor, tersedia mobil, tetapi tidak ada infrastruktur jalan yang memadai. Mobil pribadi pertama hampir tidak lebih efektif daripada kereta kuda.

Lambat laun, pihak berwenang menyadari bahwa investasi besar dalam infrastruktur jalan diperlukan untuk memperoleh manfaat dari teknologi transportasi baru.

Demikian pula, pemerintah saat ini mulai memahami pentingnya jalan pintar sebagai platform inovasi mobilitas. Jalan pintar akan mendukung mobil yang lebih pintar, memberdayakan pengemudi, dan memberi pemerintah visibilitas serta kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap lalu lintas.

Dampak Bagi Kalimantan Barat

Lasarus berharap konsep Smart Road yang dipelajari di Italia dapat diterapkan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat, untuk membangun infrastruktur dan transportasi yang lebih baik di masa depan.

Foto: Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus saat rapat bersama pemerintah Italia mengadopsi inovasi di bidang infrastruktur dan transportasi.(Foto/Ist)

Menanggapi kunjungan ini, Ketua Relawan Lasarus Kalbar, Iin Irwansyah, menyatakan kebanggaannya terhadap salah satu putra terbaik Kalimantan Barat yang memimpin rombongan dalam kunjungan internasional.

“Ini menunjukkan bahwa Kalimantan Barat memiliki SDM yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Banyak putra-putri terbaik Kalimantan Barat yang kini menjadi tokoh nasional bahkan dikenal di dunia internasional,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa figur seperti Lasarus, yang cerdas, energik, visioner, dan berjiwa membangun, diharapkan mampu memimpin Kalimantan Barat ke depan.

“Beliau memiliki jaringan luas, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk bisa memimpin dan menjadi Gubernur Kalbar, membawa Kalbar lebih baik lagi,” tambahnya. (RED)

Advertisement