Arsip

Aksi Sosial Donor Darah Kodam XII/Tpr Bersama Insan Pers Kalbar

Antusias peserta donor darah dalam rangka HPN Ke-39 di Kalbar berlansung di Makodam XII/Tanjungpura, Senin (04/03/2024). (Foto/Panitia)
Advertisement

KUBU RAYA, RUAI.TV – Untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Ke-39, Insan Pers Kalimantan Barat bersama Kodam XII/Tanjungpura, menggelar aksi sosial donor darah, Senin (04/03/2024).

Kegiatan itu dipusatkan di Aula Makodam XII/Tanjungpura. Pelaksanaan kegiatan itu dipantau langsung oleh Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Ade Rizal Muharam dan para pejabat di lingkungan Makodam XII/Tpr.

Ketua Panitia HPN Ke-39 Kalbar, Doris Pardede, mengatakan, aksi donor darah yang diikuti para personel Kodam XII/Tpr bersama para Jurnalis dan masyarakat tersebut diharapkan mampu menghimpun sekitar 100 kantong darah.

Advertisement

“Hasil donor darah hari ini, akan kami serahkan ke PMI untuk kemudian bisa disalurkan dan dimanfaatkan kembali untuk masyarakat yang membutuhkan,” kata Doris.

Ia menambahkan, untuk mengsukseskan kegiatan ini pihaknya bekerjasama dengan Kesdam XII/Tanjungpura, PMI Kota Pontianak dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Pj Kepala Bagian Pengembangan Mutu dan Pelayanan Darah UTD Kota Pontianak, Rini Pujiastuti, mengaku sangat terbantu dengan adanya donor darah dari Insan pers dan Kodam XII/Tpr ini.

Rini menjelaskan, selain untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Pontianak, PMI Kota Pontianak juga melayani kebutuhan darah terhadap sekitar 22 rumah sakit di Kota Pontianak dan sekitarnya.

“Semoga saja kegiatan donor darah seperti nisa bisa rutin dilakukan, sehingga bisa membantu kami untuk memenuhi ketersediaan darah,” harapnya.

Ia mengatakan, setiap hari PMI Kota Pontianak membutuhkan sekitar 150 kantong darah. Untuk memenuhi kebutuhan itu, ia berharap makin banyak organisasi dan komunitas yang melakukan aksi donor darah. (RED)

Advertisement