Arsip

BMKG: 7-10 Maret, Hujan Sedang, Lebat-Petir. Waspada! Banjir Melanda Desa-desa di Silat Hulu, Silat Hilir siap Berkemas

Sejumlah bangunan di Desa Landau Badau Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu terendam banjir. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

KAPUAS HULU, RUAI.TV – Sejumlah desa di Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu diterjang banjir.

Desa yang mengalami banjir saat ini, per pukul 16.00 WIB (08/03/2024) adalah Desa Ng. Luan, Desa Landau Rantau, Desa Entebi, Desa Ng. Lungu, Desa Selimu, Desa Landau Badai, Desa Ng. Ngeri, Desa Dangkan Kota, Desa Ng. Dangkan, Desa Belimbing, Desa Lebak Najah.

Sebelumnya, tanggal 6-7 maret desa-desa ini sudah terdampak banjir tapi belum parah dan sempat surut, namun sejak jumat siang (08/03/2024) air kembali pasang.

Advertisement

“Banjir ini jauh lebih besar dari tanggal 6-7 kemarin, siap-siap juga masayarkat yang di hilir. Air masih naik sekarang,” kata Yokinson, Penatua umat Katolik di Kecamatan Silat Hulu.

Sejauh ini, belum ada laporan terkait kerugian, kerusakan, korban jiwa. Namun semua warga di desa-desa bagian hilir sudah mulai berkemas dan rumah-rumah warga sudah terendam dengan kondisi air yang semakin naik.

Berdasarkan kondisi banjir yang terjadi setiap tahun dimusim penghujan, banjir di Silat Hulu dan Silat Hilir kerap kali melumpuhkan aktivitas masyarakat, jalan-jalan kutama terendam dan menimbulkan banyak kerugian berupa harta benda masyarakat.

Foto: Rumah warga di kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu terdampak banjir. (Foto/ruai.tv)

“Sehingga patut kita semua waspadai untuk melakukan langkah-langkah tepat tangani situasi saat banjir maupun setelah banjir, karena tidak semua ekonomi masyarakat seimbang. Biar pun sudah panen kalau padi basah semua, sementara harga beras mahal, maka perlu tanggap dari pihak mana pun,” ucap Yokinson.

Curah hukan tinggi di Kalimantan Barat menyebabkan banjir berkepanjangan di sejumlah tempat.

Selain di sejumlah desa di beberapa kecamatan di Kapuas Hulu, banjir juga melumpuhkan aktivitas warga di beberapa Desa Kecamatan Ambalau dan Serawai, Kabupaten Sintang, dan Menukung, Ela Hilir Kabupaten Melawi dan sejumlah tempat lainnya.

Berdasarkan peringatan dini rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di saluran publik WhatsApp dan IG Infobmkg terkait sebaran potensi hujang sedang, lebat hingga petir hampir menyeluruh di Wilayah Indonesia termasuk di Kalimantan Barat, dari tanggal 7-10 Maret 2024. (RED)

Advertisement