Arsip

Gawai Adat Dayak Ke-20, DAD Sanggau Gelar Seminar

Foto bersama pada pebukaan Pekan Gawai Dayak Nosu Minu Podi Ke XX Kabupaten Sanggau. (Foto/Ist)
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan se-Kabupaten Sanggau mengikuti seminar bertema “Dayak Bersatu Melangkah Bersama” di kawasan Rumah Betang Raya Dori Mpulor, Sanggau, pada Senin, 8 Juli 2024. Acara ini secara simbolis dibuka oleh Sekretaris Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau, Urbanus.

Dalam seminar tersebut, DAD Kabupaten Sanggau menghadirkan tiga narasumber utama: Vicaris Keuskupan Sanggau Pastor Richardus Riadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Alipius, dan Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Udi.

Pastor Richardus Riadi menyampaikan materi tentang “Tantangan dan Peluang Dayak Bersatu dan Bekerjasama”, Alipius membahas “Peran Pendidikan dalam Memperkuat Identitas Budaya dan Memajukan Masyarakat Dayak Secara Holistik”, sementara Udi menguraikan “Peran Strategis Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa dalam Mewujudkan Dayak Bersatu Melangkah Bersama”.

Advertisement

Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau, Urbanus, menekankan pentingnya peran aktif dan inovasi dari tokoh masyarakat adat Dayak untuk kemajuan komunitas mereka.

“Seminar ini bertujuan agar materi yang di sampaikan oleh narasumber dapat menjadi bahan untuk program kerja ke depan,” ujarnya.

Urbanus juga menambahkan bahwa tahun 2024 adalah tahun politik dengan agenda Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati. Ia berharap masyarakat Dayak di Kabupaten Sanggau dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pilkada tersebut. (Bobi)

Advertisement