Arsip

Pemkot Pontianak Raih Penghargaan Kawasan Tanpa Rokok

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menyerahkan piagam penghargaan kepada Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. (Ist/ruai.tv)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2010 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar).

Penghargaan yang ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson, diberikan kepada Dinas Kesehatan Kota Pontianak sebagai perangkat daerah yang menerapkan KTR.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono kepada Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) di Hotel Aston Pontianak, Kamis (20/06/2024).

Advertisement

Ani Sofian menyebut, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait di Kota Pontianak, dalam mendukung program pemerintah mewujudkan lingkungan yang bebas dari asap rokok. Dia juga mengapresiasi peran aktif para pemangku kepentingan, dalam upaya menciptakan lingkungan sehat dan bebas asap rokok di berbagai wilayah kota.

“Kota Pontianak sudah menerapkan KTR sejak tahun 2010 yang dituangkan dalam Perda nomor 10 tahun 2010 tentang KTR,” ujarnya.

Berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak dalam menegakkan Perda KTR, mulai dari implementasi perda seperti di fasilitas umum sekolah, rumah sakit, hotel, perkantoran dan ruang-ruang publik lainnya. Bahkan, Pemkot Pontianak membentuk tim terpadu yang terdiri dari Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kota Pontianak untuk melakukan penegakkan perda di lokasi-lokasi KTR.

“Tujuannya agar masyarakat Kota Pontianak hidup sehat dan Kota Pontianak pun bersih dari polusi asap rokok,” ungkapnya.

Baca di halaman berikutnya…

Advertisement