Arsip

Labkes Pontianak di Gedung Baru Segera Buka Pelayanan

labkes pontianak
Peninjauan ruangan dan peralatan di Labkes Pontianak Jl Johar. Foto: Kominfo/Prokopim/ruai.tv
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TVLabkes Pontianak akan mulai buka pada Senin., 27 Maret 2023. Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Laboratorium (Labkes) Pontianak ini baru saja selesai proses renovasi selama delapan bulan.

Gedung ini berkonstruksi tiga lantai. Sebelumnya, pengerjaan renovasi mulai pada Juli 2022 lalu. Selama proses renovasi, pelayanan Labkes Pontianak pindah ke gedung di Jl. Uray Bawadi, Kecamatan Sungai Bangkong.

Baca juga: Plastik Bergerak-gerak di Bawah Jembatan, Ternyata Berisi Bayi

Advertisement

Setelah gedung baru ini selesai, peresmiannya pada Selasa (21/03/2023) lalu oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Alamat Labkes Pontianak di Jl Johar, Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota.

Kepala UPT Labkes Pontianak, Agus Salim, mengatakan, pelayanan di gedung baru akan mulai pada Senin (27/3/2023). Sebab sebelumnya, para petugas sedang bekerja melengkapi pemindahan berbagai peralatan.

Baca juga: Kasus Buang Bayi Makin Marak, Belum Semua Terungkap

“Selain renovasi gedung, ada juga penambahan kelengkapan peralatan dari pemerintah pusat,” kata Agus Salim.

Apa saja pelayanan yang tersedia di Labkes Pontianak? Agus Salim menjelaskan, Labkes Pontianak memberikan layanan pemeriksaan hematologi, kimia klinik, maupun swab PCR. Selain itu, tersedia pula pemeriksaan makanan dan minuman.

Baca juga: Paman Hamili Keponakan, Asmara Terlarang Berujung Pembunuhan

“Kami juga melayani air depot, kimia air. Biasanya pelanggan kami pengusaha air depot,” ujar Agus Salim.

Labkes Pontianak

Wali Kota Edi Kamtono berharap dengan adanya gedung baru ini, kualitas pelayanan semakin meningkat. Dia menegaskan agar para petugas memperbaiki pelayanan dan memberikan respon cepat dalam penanganan keluhan masyarakat.

Baca juga: Anjing Gondol Jasad Bayi di Putussibau Utara

“Peralatannya juga akan kita lengkapi dan dikalibrasi karena fungsi laboratorium untuk mengetahui dasar penyakit. Jadi jika alatnya kurang tepat, datanya juga tidak tepat,” kata Edi Kamtono.

Setelah meneken prasasti peresmian gedung baru itu, Edi memeriksa seluruh ruangan dalam UPT Labkes bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Saptiko. Satu per satu bilik pelayanan mereka datangi sambil berdialog dengan petugas.

Baca juga: 7 Pencuri Bobol Rumah Kosong di Pontianak

Wali Kota minta agar para petugas UPT memelihara lingkungan gedung agar tetap representatif, dengan cara tertib membersihkannya.

“Jika sudah jadi rujukan, berarti harus zero mistake,” tegas Wali Kota. (*/RED)

Advertisement