Arsip

Kampung Inspirasi di Bumi Khatulistiwa

Advertisement

PONTIANAK – Kota Pontianak provinsi Kalimantan Barat, merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang dilintasi Garis Khatulistiwa dan Sungai Terpanjang yakni Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 Kilometer.

Namun tahukah anda di Bumi Kahatulistiwa ini terdapat sebuah kampung yang berseri dan inspirasi, memiliki warna warni kehidupan dengan penduduk dari berbagai latar belakang dan aktivitas? Banyak orang tidak mengetahuinnya termasuk anda sendiri. Kampung tersebut adalah Kampung Berseri Astra (KBA) yang terdapat Jalan HM Suwignyo, Gg. Arafah, Sungai Jawi, Kota Pontianak.

Kampung Berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mewakili 4 (empat) pilar yaitu bidang Pendidikan, lingkungan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Kesehatan.

Advertisement

Pada sektor kewirausahaan (UKM), beberapa masyarakat diberikan modal seperti alat produksi yang mana mereka dibimbing dalam produksi tersebut. Misalnya pada usaha milik Mawardi yaitu Opak Indah, beliau bersama istri (Ponirah) mengelola usaha kerupuk Opak yang sudah bergerak sejak tahun lalu. Opak tersebut dijadikan oleh-oleh yang dijual dengan harga cukup terjangkau, beliau menjualnya ke pasar, ke rumah warga bahkan ke rumah makan. Penjualan akan ramai ketika bulan puasa.

Tidak hanya Opak saja yang diproduksi oleh di UKM Opak Indah ini, ada juga memproduksi Rengginang yang dapat dijual mentah maupun yang sudah digoreng. Untuk harga berbagai variasi bungkusan ada yang 45/kilogram bahkan ada juga yang 50/kilogram.

Pada sektor kesehatan di KBA Sungai Jawi terdapat pendampingan posyandu dimana setiap bulan akan ada penimbangan bayi dan pemberian vitamin di Posyandu Peduli Bangsa. Reparating atau pengecatan ulang dinding pada lokasi posyandu dan kebun Toga di RW 16 dengan prinsip gotong royong bersama warga KBA dengan material dari Affco.

Kemudian dalam upaya menciptakan masyarakat yang peduli akan lingkungan, Astra memberikan kontribusi pada sektor lingkungan seperti pembuatan beberapa mural di dinding beberapa lokasi di KBA ada juga mengembangkan kebun Toga Margo Indah.

Kampung berseri Astra di RW 16, 22 dan 23 Kelurahan Sungai Jawi ini juga merupakan target Astra bersama pemerintah Kalimantan Barat untuk menjadikan sebuah kampung menjadi wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Hadirnya Astra di kampung ini telah memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat, salah satunya yakni pada perbaikan dan penataan jalan di wilayah kampung yang diberi nama Kampung Astra Berseri dengan luas wilayah 221.000 m².

Kehadiran Astra Grup di Kalbar dengan 16 perusahaan yang bergerak di berbagi bidang, misalnya otomotif, pembiayaan, asuransi, sekuritas hingga perbankan, ternyata menjadi berkah. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Astra mampu mengubah kawasan kumuh menjadi berseri.

Melalui Kampung Berseri Astra (KBA), grup perusahaan dengan ribuan karyawan dan karya nyata ini, telah menjadikan satu diantara 29 kelurahan di Kota Pontianak sebagai kelurahan/desa terbaik di Kalbar. KBA dengan nama Sungai Jawi Astra Berseri ini, benar-benar menjadi harapan masyarakat. Bahkan mendapat penghargaan dari Guburnur Kalbar, untuk kelurahan asri pengelola lingkugan dan pelopor wirausaha. KBA ini merupakan kampung binaan Astra Grup di Pontianak. Di Sungai Jawi Astra Berseri, berbagai macam kegiatan kelompok-kelompok masyarakat, dikelola secara bersama-sama dengan Astra Grup.

Sejak di Kick Off pada Maret 2016, Sungai Jawi Astra Berseri, menjadi pusat pengembangan kegiatan masyarakat. Ada kebun percontohan masyarakat, kebun Hidroponik, Tanaman Obat Keluarga (Toga), kolam ikan yang memilihara ikan Lele, Nila dan Paten, serta pengelolaan sampah berbasis teknologi. Selain itu, ada juga berbagai kegiatan remaja dan keagamaan, seperti pengajian, dan Olahraga bela diri pencak silat.

“Kami sangat mengapresiasi peran nyata Astra Grup di Sungai Jawi. Terbentuk Sungai Jawi Astra Berseri, terbukti sudah membantu masyarakat mengembangkan berbagai kegiatan positif,” kata salah satu warga, Pantizan.

Satu diantara kegiatan yang banyak mendapat respon masyarakat, adalah kebun Hidroponik. Kebun dengan sistem budidaya menanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman ini, benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama kalangan ibu-ibu.

Pada waktu-waktu tertentu, khususnya sore hari, tidak kurang sekitar 25 ibu-ibu memadati kebun hidroponik. Mereka belajar dan langsung praktek menanam berbagai jenis sayuran. Tidak sekedar belajar, mereka bahkan bisa membudidayakan tanaman hidroponik ini di pekarangan rumahnya.

Dikebun ini terdapat berbagai jenis sayuran dan tanaman, seperti pare, timun, terong, cabai, pepaya, dan pisang. Hasil dari sayuran dan ikan yang mereka pilihara ini sebagain dijual yang harganya untuk pengembangan usaha tersebut dan sebagian harganya untuk kegiatan rutin masyarakat seperti pengajian dan lain-lain.

“Biasa kami jual ikan 20 hingga 25 kilo dalam satu bulan, hasilnya untuk membeli bibit ikan dan keperluan pengembangan usaha kami di kampung Astra ini,” tambah Pantizan.

Berkat Kebun Hidorponik yang dibantu oleh Astra Grup Kalbar, Pantizan setidaknya bisa membantu keuangan keluarga. Pantizan dan ibu-ibu lainnya, menjadi lebih berarti bagi keluarganya. Mereka tidak sekedar hanya menjadi ibu rumah tangga saja, tetapi kini bisa mengaktualisasi diri sebagai pengusaha dalam taraf usaha kecil menengah.

“Semuanya berkat Astra. Kami sangat berterima kasih. Bisa saja kami mengembangkan usaha ini, karena Astra berjanji akan terus memberikan berbagai bantuan, termasuk menyediakan pasar,” papar Pantizan.

Di Kampung Berseri Astra ini juga terdapat sebuah anak sungai yang sisebut Sungai Jawi. Di Sungai Jawi yang dihias dengan berbagai icon seperti Lancang Kuning, Tugu Khatulistiwa dan pernak pernik lampu hias ini digunakan masyarakat untuk menggelar lomba Sampan, seperti pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia dan hari besar keagamaan, lokasi ini dijadikan sebagai arena lomba Sampan dan panjat Pinang diatas sungai.

Selain itu ditempat ini juga terdapat plang gerakan “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” yang merupakan wujud kepedulian PT. Astra International Tbk untuk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan dalam berlalu lintas. Astra Group Kalbar saat ini juga sedang mejajaki kerja sama dengan Universitas Tanjungpura untuk pengembangan lebih lanjut untuk Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, harapannya tahun 2019 akan menambah wirausaha-wirausaha baru yang akan muncul di KBA ini. Salam Inspirasi, “Semangat Kampung Indonesia”. (Tsn/Red).

Advertisement