Wakil Bupati Sintang Minta Semua Komponen Terlibat Antisipasi Karhutla

Apel gelar pasukan dan perlatan di lapangan sepak bola Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1205 Sintang, Rabu pagi (10/03/2021). Foto: Triyanto/ruai.tv

SINTANG, RUAI.TV – Pemerintah Kabupaten Sintang mengadakan apel gelar pasukan dan perlatan di lapangan sepak bola Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1205 Sintang, Rabu pagi (10/03/2021).

Apel sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan dan penanganan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021ini, dipimpin oleh Wakil Bupati Sintang, Yosef Sudiyanto.

Baca juga: Per Kamis, 50 Konfirmasi Baru Positif Covid-19 di Kalbar

Diikuti tim terpadu siaga karhutla yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, pemadam kebakaran, TNI, Polri, Basarnas, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sintang dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Sintang.

Wakil Bupati Sintang, Yosef Sudiyanto mengatakan, apel ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara.

Baca juga: Ketua DPRD KKU Malu, Irigasi Tanjung Belimbing Jadi Polemik

Yosef juga meminta partisipasi semua komponen termasuk masyarakat, untuk mengantisipasi dan menangani karhutla.

“Keterlibatan semua komponen terutama masyarakat baik petani maupun pemilik lahan lainnya tetap sangat diharapkan partisipasi aktifnya, karena sangat menentukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan,” ujar Yosef Sudiyanto.

Baca juga: Bahanyi, Tradisi Panen Padi di Dusun Loncek

Dalam apel ini juga diadakan simulasi pengendalian karhtula, yang dilakukan oleh tim terpadu siaga bencana karhutla Kabupaten Sintang. (TRI/RAY)